Buruh Pabrik di Suruh Semarang Curi Motor Tetangga, Disembunyikan di Semak-semak

oleh
pencurian motor di suruh kabupaten semarang
Petugas Polsek Suruh, Kabupaten Semarang mengidentifikasi motor curian yang ditemukan di belakang Puskesmas Dadapayam. (Foto:Dok)

UngaranINFOPlus. Seorang buruh pabrik di Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, nekat mencuri motor milik tetangganya. Aksi pemcurian itu terbongkar usai warga menemukan motor yang disembunyikan di semak-semak belakang Puskesmas Dadapayam.

Kapolsek Suruh AKP Ririh Widiastuti dalam keterangannya mengatakan, pencurian sepeda motor tersebut terjadi pada hari Senin dini hari (1/5). Motor milik Engel Maulida, berstatus pelajar, warga Desa Dadapayam, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang,

Diketahui, sebelum pelaku beraksi, sekira pukul 21,30 WIB, Engel memasukkan motornya ke dalam rumah. Pelaku masuk dan mencuri motor dengan cara menjebol jendela dapur rumah.

“Pada 30 Juni 2024 malam hari, sekitar 21.30 WIB, korban memasukkan sepeda motornya, yaitu Honda Beat warna merah hitam, dengan Nopol H 3960 IL. Korban yang mengetahui motor miliknya sudah raib diambil pencuri langsung melaporkan kejadian itu di Polsek Suruh,” ungkap AKP Ririh, Jumat (6/7).

Atas kejadian pencurian tersebut, jajaran Reskrim Polsek Suruh dipimpin Aiptu Amari, usai menerima laporan dari korban pada hari Senin (1/7), langsung penyelidikan.

Penyelidikan polisi mulai mendapat titik terang setelah ada laporan warga perihal ditemukannya sebuah sepeda motor yang disembunyikan pada semak semak di belakang Puskesmas Dadapayam. Ciri motor tersebut mirip kendaraan milik korban yang hilang.

“Setelah kami cek ternyata betul bahwa sepeda motor itu merupakan milik saudari Engel Maulida,” ujar dia.

Meskipun motor sudah ditemukan namun pihak Polsek Suruh tetap melakukan penyelidikan guna mengungkap pelakunya. Dengan berbekal keterangan saksi-saksi di lokasi penemuan dan CCTV yang ada di lingkungan pemukiman warga, Polsek Suruh akhirnya berhasil mengidentifikasi tersangka pelaku pencurian.

Tersangka berinisial DJ (21), tetangga korban sendiri. Sehari-hari ia bekerja sebagai buruh pabrik di Kota Salatiga. Pemuda tersebut diringkus polisi di tempatnya bekerja pada Rabu (3/7).

“Tersangka merupakan tetangga satu RT dengan korban. Dan yang membuat unik, saat Senin sore kami melakukan interogasi saksi-saksi yang menemukan kendaraan di semak semak, ternyata tersangka juga ikut menonton di lokasi penemuan.” tambah Amari.

Sementara dalam pemeriksaan, tersangka DJ mengakui perbuatannya. Motifnya semata ingin memiliki sepeda motor. Ia mencuri dengan cara masuk melalui jendela dapur dengan melepas daun jendela. Selanjutnya membuka pintu dapur dari dalam.

“Pelaku masuk melalui jendela dapur dan kuncinya masih menempel di sepeda motor, sehingga tersangka langsung bisa membawa lari sepeda motor korban.” imbuhnya.