Semarang – INFOPlus. Ombudsman Jateng melakukan koordinasi kelembagaan dengan Polda Jawa Tengah untuk tingkatkan kualitas layanan publik di lingkungan kepolisian.
Tim Ombudsman dipimpin Kepala Ombudsman Jateng, Siti Farida dan diterima langsung Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, bersama jajaran pejabat utama di lingkungan Polda Jawa Tengah.
Dalam kesempatan tersebut, Siti Farida menyampaikan apresiasi kepada jajaran kepolisian di wilayah Provinsi Jawa Tengah atas capaian dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024.
Seluruh Polres, Polresta, dan Polrestabes di bawah Polda Jawa Tengah berhasil meraih Zona Hijau dengan kategori A dan B, yang merupakan opini kualitas
tertinggi dan tinggi.
Hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh Ombudsman RI tersebut menunjukkan komitmen kuat Polda Jawa Tengah dalam menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas, responsif, dan profesional.
“Kami mengapresiasi upaya ini dan berharap capaian ini dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan di masa mendatang,” ujar Siti Farida dalam siaran persnya, Jumat (3/1).
Koordinasi kelembagaan ini menjadi awal komitmen mewujudkan Asta Cita dengan sinergi antara Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dan Polda Jawa Tengah.
“Dengan sinergi yang solid, diharapkan pelayanan publik di wilayah Jawa Tengah semakin responsif, inklusif, dan berdampak positif bagi masyarakat luas”, tutup Farida.
Sementara, Kapolda Ribut Hari Wibowo menyampaikan pentingnya kolaborasi eksternal, termasuk dengan Ombudsman serta pengawasan masyarakat umum, di pelayanan publik.
Polda Jateng senantiasa berkomitmen untuk selalu berbenah, khususnya dalam pelayanan masyarakat dan merespon setiap keluhan terhadap pelayanan Polri.
“Sinergi dengan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah akan memperkuat langkah kami dalam memberikan layanan yang adil, transparan, dan sesuai harapan masyarakat,” tegas dia. []