KAI Apresiasi Aksi Komunitas RailFans Daop 4 Semarang Selama Liburan Nataru

oleh
aksi relawan Komunitas RailFans Daop Empat (KRDE)
Aksi relawan Komunitas RailFans Daop Empat (KRDE) bantu penumpang KA selama libur Nataru. (Foto: Ist)

SemarangINFOPlus. PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang memberikan apreasiasi kepada Komunitas RailFans Daop Empat (KRDE) atas dedikasi dan kontribusi mereka sebagai relawan selama masa angkutan libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2024/2025.

Apresiasi diberikan lantaran relawan Komunitas RailFans Daop Empat dengan penuh semangat membantu KAI di pelayanan liburan Nataru. Mereka mengorbankan waktu libur sekolah dan kuliah demi melayani penumpang kereta api dan mendukung kelancaran operasional selama periode tersebut.

Sebanyak 67 anggota KRDE, berusia 16 hingga 25 tahun, turut membantu layanan penumpang di berbagai stasiun Daop 4 Semarang, seperti di Stasiun Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang Bank Jateng, hingga Stasiun Cepu.

INFO lain :  Semarang Berbagi di Mijen, Mbak Ita: Bisa Ringankan Beban Masyarakat

Kegiatan ini berlangsung dari 23 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025, mencerminkan dedikasi mereka untuk berkontribusi menciptakan pengalaman perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan.

Para anggota KRDE tidak hanya menunjukkan kecintaan mereka terhadap dunia perkeretaapian, tetapi juga menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan pelanggan yang prima. Berikut adalah peran dan kontribusi mereka selama masa angkutan Nataru:

  • Membantu pelanggan mencetak tiket dan boarding pass di mesin CIC (Check-In Counter).
  • Memberikan informasi tentang fasilitas stasiun seperti toilet, mushola, ruang tunggu, dan area merokok.
  • Sosialisasi penggunaan e-boarding pass untuk mengurangi kebutuhan cetak tiket.
  • Mendampingi pelanggan yang memerlukan bantuan khusus, seperti difabel dan lansia.
  • Mengarahkan pelanggan ke peron atau kereta yang akan dinaiki.
  • Menginformasikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta.
  • Membantu pengaturan naik-turun penumpang serta proses registrasi face recognition (FR).
  • Membantu pelanggan dalam pembatalan tiket dan penggantian kertas mesin CIC.
  • Membantu mengganti papan informasi di luar dan dalam kereta.
  • Membantu menyiapkan bancik dan memutar tempat duduk penumpang pada KA.
INFO lain :  Dua Anak Perusahaan Pura Group Digugat Rp 500 Miliar
INFO lain :  KAI Daop 4 Semarang Layani 225 Ribu Penumpang KA Selama Libur Idul Adha

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan kolaborasi dari KRDE yang telah membantu kelancaran operasional selama angkutan liburan Nataru. Kehadiran mereka memberikan nilai tambah dalam pelayanan kepada pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, Jumat (3/1).

Kolaborasi antara KAI Daop 4 Semarang dengan KRDE tidak hanya terbatas pada masa angkutan Nataru, tetapi juga akan berlanjut di momen-momen lainnya, termasuk angkutan Lebaran, serta dalam berbagai program edukasi keselamatan perjalanan kereta api.