Penemuan Makam Kuno Gegerkan Warga Kendal

oleh -489 views


Penemuan makam kuno dengan batu nisan bertuliskan huruf Arab dan Romawi di wilayah sekitar Desa Kumpulrejo RT 03/ RW 03, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal gegerkan warga.

KENDAL, INFOPLUS.ID-Warga di wilayah sekitar Desa Kumpulrejo RT 03/ RW 03, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal mendadak gempar pasca penemuan makam kuno dengan batu nisan bertuliskan huruf Arab dan Romawi.

Tak hanya dari warga sekitar, penemuan makam kuno yang masih utuh itu juga menggegerkan warga di Kabupaten Kendal. Mereka pun berdatangan ke lokasi untuk melihat makam kuno yang terpendam di dalam tanah.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, makam kuno ini kali pertama ditemukan Catur, pemilik pekarangan yang hendak menggali untuk membuat saluran.

Dia juga menuturkan, saat baru menggali tanah pekarangan sekitar 50 cm, mata cangkul mengenai batu. Dengan hati-hati, Catu kembali menggali tanah dan saat pada kedalaman sekitar 1,5 meter menemukan makam yang masih lengkap dengan dua buah batu nisan.

Dijelaskannya, makam dengan dua batu nisan ini terbuat dari batu berwarna putih dan terdapat ornamen kuno. Catur kemudian memberitahukan penemuan makam kuno itu ke pihak desa.

“Saya baru nyangkul tanah untuk buat saluran. Baru sekitar 50 cm, cangkul kena batu dan pas digali lagi ternyata ada batu nisan,” katanya, Senin (8/7/2019) kemarin.

Catur juga mengungkapkan, jika warga sekitar tidak ada yang mengetahui bahwa pada kebun tersebut terdapat sebuah makam. Menurutnya selama ini kebun itu hanyalah sebuah lahan kebun biasa yang sudah lama ditanami tanaman pisang.

“Saat ditemukan makam dalam kondisi utuh rapi beserta kijingnya. Lalu saya panggil warga lainnya untuk ikut membantu menggali. Namun tidak tahu makam siapa, para warga pun juga tidak ada yang tahu,” bebernya.

Diduga makam yang terbuat dari batu karang yang terpendam sedalam satu meter itu telah berusia ratusan tahun lamanya. Hanya dua garis tegak yang berada di salah satu nisan makam itu. Identitas dan kapan pastinya makam itu mulai ada belum jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *