5 Parpol di Jateng Ajukan Permohonan PHPU ke MK, Bawaslu Siap Beri Keterangan

oleh
Bawaslu Jateng menyatakan kesiapannya sebagai pemberi keterangan atas permohonan PHPU yang diajukan 5 parpol. (Foto: Gus Djoyo)

Semarang – INFOPlus. Lima partai politik di Jawa Tengah diketahui mengajukan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2024 ke Mahkamah Konstitusi. Bawaslu Jateng menyatakan kesiapannya untuk memberikan keterangan dalam sidang PHPU MK.

Anggota Bawaslu Jateng Rofiuddin mengungkapkan berdasarkan situs MK, di Jateng ada lima parpol yang mengajukan permohonan perselisihan hasil Pemilu.

“Partainya, sesuai situs MK ada PPP, PAN, Nasdem, PKB dan Demokrat,” ujar dia di sela Sosialisasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu 2024 di Hotel Harris Sentraland Semarang, Selasa (2/4).

Hanya saja, lanjut Rofiuddin, pihaknya belum mengetahui materi apa maupun di mana lokasi PHPU yang diajukan lima parpol tersebut. Pasalnya, permohonan PHPU tersebut belum diregister oleh MK mengingat saat ini masih dalam masa atau tahapan perbaikan.

“Sesuai tahapan, 23 April nanti MK itu sudah meregister, di mana nanti kita akan mengetahui di mana saja lokus-lokus partai politik mengajukan perselisihan hasil Pemilu, DPRD mana, DPRD Provinsi mana, dapil mana, DPR RI dapil mana dan sebagainya,” katanya.

Menyikapi PHPU ini, Rofiuddin memastikan lembaganya siap hadir dan mengikuti proses persidangan di MK. Dalam perkara tersebut. Bawaslu Jateng nanti berposisi sebagai pemberi keterangan maupun penyedia data yang dibutuhkan terkait materi yang disidangkan

“Bawaslu yang pasti siap untuk menyampaikan keterangan. Karena posisi Bawaslu dalam sidang MK sebagai pemberi keterangan. Data-data di semua TPS, hasil rekap kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi, sudah kami rapikan semuanya. Juga data-data pengawasan tahapan, penanganan pelanggaran, sudah kami siapkan dengan baik dan rapi,” bebernya.

“Jadi secara prinsip, Bawaslu Jateng sudah siap untuk memberikan keterangan dalam sidang MK,” tukas Rofiuddin. (Ags/Mw)