Pj Gubernur Jateng Minta Festival Balon Udara Ditiadakan

oleh
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana minta Pekalongan dan Wonosobo meniadakan festival balon udara memeriahkan Idul Fitri 2024. (Foto: Dok)

Semarang – INFOPlus. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana minta masyarakat di wilayahnya untuk tidak menggelar festival balon udara memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

“Upayakan tidak ada lagi pesta balon atau festival balon udara. Ini berlaku di seluruh Jawa Tengah,” kata Nana Sudjana usai Rakor Forkopimda dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (1/4).

Menurut Nana, terkait festival balon udara tersebut juga sempat disinggung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Nana bahkan mendapatkan pesan langsung dari Budi Karya Sumadi agar festival balon udara itu dilarang.

“Ini sebenarnya akan sangat membahayakan, khususnya bagi penerbangan di wilayah kita,” jelasnya.

Pesan itu kemudian ditindaklanjuti dengan memyampaikan kepada para kepala daerah saat Rakor Forkopimda, khususnya di Wonosobo dan Pekalongan. Sebab dua daerah di Jawa Tengah tersebut dikenal memiliki tradisi festival balon udara atau menerbangkan balon udara saat Hari Raya Idul Fitri.

“Jadi memang ada beberapa lokasi kabupaten, yaitu Pekalongan dan Wonosobo ini sering dilaksanakan festival balon. Makanya kami sudah menghubungi Bupati Wonosobo dan Pekalongan untuk menertibkan,” kata Nana.

Senada, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, Wonosobo dan Pekalongan perlu diwaspadai terkait dengan lomba atau festival balon.

“Tolong balonnya itu ditali semuanya, termasuk para Kapolres lakukan mapping betul jangan sampai menjadi potensi,” sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta stakeholder terkait mulai dari pengelola bandar udara sampai dengan kepolisian untuk bisa mengantisipasi adanya festival balon udara di tengah aktivitas mudik lebaran.

“Saya minta kepada stakeholder di wilayah mengadakan pendekatan untuk mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan penerbangan balon udara secara liar,” katanya saat rakor persiapan angkutan Lebaran di Polda Jateng, Minggu (31/3). (Ags/Mw)