Viral Jokowi Acungkan 2 Jari saat di Salatiga, Ini Kata Bawaslu Jateng

oleh
Viral video yang memperlihatkan Presiden Jokowi mengacungkan dua jari saat di Salatiga. (Foto: Medsos)

Semarang – INFOPlus. Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan Presiden Jokowi mengacungkan dua jari saat kunjungan kerja di Salatiga. Bawaslu Jateng merespons viralnya video tersebut.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Achmad Husain membenarkan viralnya video yang memperlihatkan Presiden Jokowi acungkan dua jari saat di Salatiga, Senin (22/1). Menyikapi hal itu, Bawaslu Jateng dan Salatiga tengah melakukan penelusuran.

“Sesuatu yang lagi viral pasti kami telusuri,” tutur dia di sela Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Bawaslu Jateng di Kota Semarang, Senin (29/1).

Husain sendiri mengaku hingga saat ini, baik Bawaslu Jateng maupun Salatiga, belum ada laporan resmi dari masyarakat yang mengadukan permasalahan tersebut.

” Sampai saat ini belum ada laporan atau temuan dari teman-teman Bawaslu, tapi ini masih dalam proses penelusuran karena memang lagi ramai,” sebut dia.

Lebih lanjut, karena masih dalam proses penelusuran, Husain belum bisa menyimpulkan ada tidaknya pelanggaran Pemilu dari aksi acungkan dua jari Jokowi. Namun jika ditemukan unsur pelanggaran, maka Bawaslu akan menindaklanjuti sesuai aturan yang ada.

“Jadi nanti kalau memang terbukti ada pelanggaran atas apa yang beliau lakukan maka kita akan tindak sesuai peraturan perundangan yang berlaku, tapi saat ini belum ada laporan masuk, baik dari Bawaslu Salatiga maupun ke Jateng,” ucapnya.

Disinggung sudah ada laporan masuk ke Bawaslu RI, Husain mengaku sudah menerima informasi tersebut. Hanya saja, pihaknya tidak mengetahui secara detail laporan ke Bawaslu RI.

Termasuk apakah penanganan laporan itu dilakukan Bawaslu RI atau dilimpahkan ke Bawaslu Jateng maupun Bawaslu Salatiga, Husain juga belum mengetahui secara persis.

“Tapi kalau nanti dilimpahkan nanti teman-teman kami kabari,” ujarnya

“Jadi karena informasinya sudah dilaporkan ke Bawaslu RI tentu akan diproses Bawaslu RI lebih dulu dengan ketentuan syarat formil dan materiilnya,” imbuh Husain.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Salatiga, Senin (22/1). Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan Jokowi mengacungkan dua jari saat melintasi jalan di Salatiga dengan menggunakan kendaraan pelat merah bertuliskan INDONESIA.

Saat Jokowi acungkan dua jari dari mobilnya, terdengar teriakan warga di pinggir jalan yang menyebut nama pasangan calon presiden 03 Ganjar Mahfud.

Jokowi di Salatiga, sampai saat ini belum ada laporan atau temuan dari teman-teman Bawaslu, tapi ini masih dalam proses penelusuran karena memang lagi ramai, sesuatu yang lagi viral pasti kami telusuri, jadi nanti kalau memang terbukti ada pelanggaran atas apa yang beliau lakukan maka kita akan tindak sesuai peraturan perundangan yang berlaku, tapi saat ini belum ada laporan masuk baik dari Bawaslu Salatiga maupun ke Jateng.