Warga Tegal Pecahkan Rekor Dunia 40 Ribu Tahu Aci

oleh

Pemecahan rekor dunia atas penyajian 40 ribu tahu aci di Tegal.

Tegal – Masyarajat Tegal memecahkan rekor dunia dengan menyajikan 40 ribu potong tahu aci. Tahu acu disediakan gratis dalam puncak acara Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang digelar Satlantas Polres Tegal, di kawasan Tugu Poci Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Minggu (17/3/2019). 

Jumlah tahu aci yang disediakan sebanyak 40 ribu melampaui yang rencana sebelumnya sebanyak 33 ribu rekor Muri. Jumlah itu bukan hanya memecahkan rekor MURI dari target 33 ribu menjadi reķor dunia dengan sajian 40 ribu tahu aci.

Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto menyampaikan, dengan kegiatan MRSF diharapkan bisa menyadarkan masyarakat bagaimana pentingya keselamatan di jalan dan bisa mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak menjadi korban lebih banyak.


Sebelumnya rekor Muri diadakan di Subang dengan jumlah 30 ribu tahu. 

“Tapi diluar dugaan ternyata Tegal bisa mencapai 40 ribu tahu dari target 33 ribu tahu aci,” kata Ketua Panitia Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Adiel Aristo.

Acara puncak MRSF di Kabupaten Tegal diisi dengan sejumlah kegiatan. Di antaranya pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) makan tahu aci terbanyak.

Tahu aci disediakan gratis untuk warga yang datang dalam acara puncak MRSF, utamanya pada saat acara jalan sehat yang digelar pukul 06.00 WIB.

Start dan finish jalan sehat di Monumen GBN dan disediakan gate-gate tahu aci untuk masyarakat disertai kupon doorprize.

Bupati Tegal Umi Azizah, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto, Dandim 0712 Tegal, Letkol Inf Richard Arnold Yeheskel Sangari, di mengawali jalan sehat diikuti ribuan warga. Disusul Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie.

Selain jalan sehat dan pemecahan rekor MURI, sejumlah acara lainnya yakni kampanye keselamatan berlalu lintas, ekspo, dan hiburan musik yang menghadirkan group band Republik. 

Selama acara yang juga sekaligus untuk menandai pelaksanaan hari bebas kendaraan (car free day) rutin di Alun-alun Hanggawana, Jalan Ahmad Yani mulai dari Taman Rakyat Slawi ((Trasa) hingga pertigaan Koramil Slawi akan ditutup sementara untuk kendaraan mulai pukul 06.00-11.00 WIB. 

Hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Bupati Tegal Hj Umi  Azizah, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto , Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskel Sangari.

Manager Muri Ari Andriani  menyampaikan, penghargaan Musim Record Dunia Indonesia Nomor 8894/R.MURI/III/2019 dianugrahkan dengan bangga kepada Pemerintah Kabupaten Tegal, Polres Tegal dan tahu Nata Jaya atas rekor pemrakarsa dan penyelenggara sajian tahu terbanyak 40 ribu sajian. Penghargaan ditandatangani oleh Ketua Umum MURI DR Jay Suprana di Jakarta 17 Maret 2019. (nin)