Semarang – INFOPlus. PT KAI Daop 4 Semarang terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik melalui lima Klinik Mediska yang tersebar di wilayah kerjanya.
Kelima Klinik Mediska ini berlokasi di Semarang, Pekalongan, Tegal, Ngrombo dan Cepu, berperan penting dalam menjaga kesehatan pegawai PT KAI, keluarga, serta masyarakat umum.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa Klinik Mediska tidak hanya berfungsi sebagai pusat layanan kesehatan bagi pegawai, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum.
Dengan tenaga kesehatan yang kompeten dan fasilitas yang lengkap, Klinik Mediska diharapkan dapat menjadi layanan kesehatan tingkat pertama pilihan utama masyarakat di wilayahnya.
“KAI terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, baik bagi pegawai PT KAI maupun masyarakat luas. Klinik Mediska hadir untuk memberikan layanan yang profesional dan cepat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan kesehatan secara komprehensif,” beber Franoto, Jumat (25/10).
Berikut lima Klinik Mediska di wilayah kerja Daop 4 Semarang:
- Klinik Mediska Kota Semarang di Jalan Imam Bonjol No 103.
- Klinik Mediska di Pekalongan Jalan Merdeka No 15A Pekalongan.
- Klinik Mediska Tegal di Jalan Kolonel Sudiarto No 3 Tegal.
- Klinik Mediska Ngrombo di Dusun Depok Utara RT 9 RW 1 Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.
- Klinik Mediska Cepu di Jalan Diponegoro No. 87 Cepu, Kabupaten Blora
Di lima Klinik Mediska tersebut menyediakan berbagai layanan kesehatan, meliputi pelayanan rawat jalan tingkat pertama untuk pasien umum, pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan, pelayanan kesehatan khusus bagi pegawai dan keluarga pegawai PT KAI, serta pelayanan Kesehatan Kerja, yang mendukung kesehatan dan keselamatan.
Selain fasilitas standar kesehatan, Klinik Mediska dilengkapi dengan sarana penunjang seperti administrasi yang terintegrasi, alat medis modern, dan teknologi informasi untuk mempercepat proses pelayanan.
Ruang tunggu yang nyaman, layanan rujukan, hingga pengelolaan bahan berbahaya diatur sesuai dengan standar operasional yang berlaku, demi kenyamanan dan keselamatan pasien.
Sepanjang tahun 2024 hingga saat ini, Klinik Mediska di Daop 4 Semarang telah melayani 23.020 pasien. Dari jumlah tersebut, terdapat beberapa kasus umum yang ditangani, seperti batuk, pilek saluran pencernaan, maag/lambung, nyeri otot, demam, sakit kepala darah tinggi 1.094 kasus, dan ragam penyakit lainnya.
“Ini menunjukkan peran penting Klinik Mediska dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Selain itu, layanan kesehatan kerja di klinik-klinik ini juga membantu menjaga produktivitas pegawai PT KAI,” beber dia.