Berkeliaran di Jalan Protokol Semarang, 5 PGOT Diamankan Satpol PP

oleh
Salah satu PGOT yang terjaring razia Satpol PP Kota Semarang. (Foto: Ist)

Semarang – INFOPlus. Sebanyak lima orang pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT) diamankan petugas Satpol PP Kota Semarang, Rabu (3/4) siang. Mereka tepergok berkeliaran di sejumlah jalan protokol di Semarang.

Lima PGOT tersebut diamankan dari sekitar kawasan Simpang Lima, Jalan DI Panjaitan dan Jalan Kalibanteng Raya. Mereka selanjutnya dibawa ke markas Satpol PP Kota Semarang untuk didata.

Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Kota Semarang Kissmiarso menuturkan razia PGOT merupakan kegiatan rutin pihaknya dalam rangka menjaga ketertiban Kota Semarang.

Di sisi lain, di masa jelang Lebaran ini, sudah menjadi pemandangan umum jika banyak PGOT luar daerah yang membanjiri Kota Semarang. Karenanya, pantauan dan razia lapangan PGOT ditingkatkan.

“Ini dalam rangka penegakkan Perda Kota Semarang No 5 Tahun 2014. Apalagi jelang Lebaran, pasti menjamur karena momen cari belas kasihan,” ujar dia.

Dari pendataan petugas Satpol PP, lima PGOT yang terjaring razia diketahui berasal dari luar Kota Semarang. Selanjutnya mereka dibawa ke panti rehabilitasi sosial setempat.

Kiss menegaskan selama momen lebaran pihaknya akan menggencarkan razia PGOT. Sehingga kenyamanan pemudik maupun wisatawan bisa terjaga baik.

“Rata rata mereka mangkal di Kota Lama, Kampung Kali, Simpang Lima dan sekitarnya. Nanti kita gencarkan agar warga merasa nyaman,” imbuh dia. (Ags/Mw)