Kaesang Ingin Terjun ke Politik, Gibran: Masih Penjajakan, Tanya Saya, Tanya Bapak

oleh

Jakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tak pernah mendorong adik bungsunya, Kaesang Pangarep untuk ikut terjun ke dunia politik. Namun Gibran menilai Kaesang mampu jika akan merealisasikan keinginannya itu.

Menurut Gibran, Kaesang termasuk anak muda yang cepat belajar. Sang adik juga memiliki pemahaman dan kemampuan tentang manajemen dengan baik. Ia mencontohkan hal itu dapat terlihat dari Kaesang yang saat ini memimpin manajemen Persis Solo.

“Kalau tak (saya) lihat ya, misalnya Persis Solo, yang kerja keras Kaesang. kayak kemarin KLB (Kongres Luar Biasa PSSI) terus yang sampai sekarang dia intens sekali di situ, dan saya kira Kaesang mampu lah ya kalau tak lihat mampu karena dia mudeng (paham) manajemen,” kata Gibran kepada awak media di Balai Kota Solo, Selasa, 24 Januari 2023.

Namun Gibran mengaku saat ini ia belum mengetahui rencana Kaesang ke depan terkait politik itu. Termasuk di partai apa Kaesang akan bergabung.

“Ketoke (kelihatannya) Kaesang masih penjajakan, masih tanya-tanya. Tanya saya, tanya ke Bapak (Jokowi). Intinya masih tanya-tanya tapi memang dia kemarin mengatakan dia ‘pengen’ gitu. Ada ketertarikan, ingin membangun, ingin bantu,” kata dia.

Saat ditanya adakah kekhawatiran nantinya di publik akan muncul isu dinasti politik, Gibran menepisnya Menurutnya, kontestasi dalam politik merupakan kompetisi.

“Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri,” kata Gibran.

Sumber Tempo