KPU Temanggung Undang Camat-Kades Jelang Verifikasi Faktual Parpol

oleh

Temanggung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengundang para camat dan paguyuban kepala desa di daerah setempat menjelang pelaksanaan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim di Temanggung, Jumat, mengatakan pelaksanaan verifikasi faktual berlangsung pada 15 Oktober hingga 4 November 2022.

“Kami undang kades dan camat ini untuk permisi akan melakukan verifikasi faktual ke masyarakat,” katanya usai Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 di Hotel Aliyana Temanggung.

Yusuf menyampaikan pihaknya telah melakukan verifikasi administrasi kemudian dilanjutkan verifikasi perbaikan, selanjutnya akan dilakukan tahapan verifikasi faktual.

Ia menjelaskan pada verifikasi faktual ini pertama dilakukan verifikasi faktual kepengurusan, seperti 30 persen pengurus perempuan dan kantor yang bisa digunakan sampai tahapan pemilu selesai, kemudian dilanjutkan verifikasi faktual keanggotaan parpol.

“Jadi acara hari ini mengundang para camat dan kepala desa dalam rangka untuk mohon izin pada pemangku wilayah karena kami akan melakukan verifikasi keanggotaan parpol Pemilu 2024 secara langsung,” katanya.

Yusuf menyampaikan tanggung jawab wewenang dan kewajiban untuk menyampaikan hasil yang lolos verifikasi administrasi adalah KPU RI, kemudian pihaknya akan menerima turunan dari KPU RI dari hasil verifikasi administrasi yang sampai di Temanggung tahapan itu ada 20 parpol.

“Nanti secara resmi di sipol diikuti perkembangannya nanti kami verifikasi faktual,” katanya.

Yusuf menuturkan setelah verifikasi faktual pada 15 Oktober hingga 4 November 2022, kemudian pada 14 Desember 2022 KPU RI menetapkan parpol peserta Pemilu 2024.

Sumber Antara