Menuju Pemilu 2024, Megawati: Paling Penting Turun ke Bawah, Bukan Politik Elite

oleh

Jakarta – Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memberikan arahan khusus dalam Rapat Koordinasi Fraksi PDI Perjuangan Masa Bakti 2019 – 2024 yang merupakan tindak lanjut dari rakernas bulan lalu di Gedung Sekolah Partai, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juli 2022.

Sebanyak 128 orang anggota Fraksi PDIP di DPR RI, termasuk Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Fraksi Utut Adianto, dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Dalam arahannya, Megawati mengingatkan bahwa proses pemilu 2024 sudah dimulai, yakni dari pendaftaran serta proses verifikasi partai politik. Untuk itu dia meminta para anggota fraksi ikut mendukung kerja struktur partai demi membereskan semua hal yang disyaratkan aturan perundang-undangan.

“Saya ingatkan kembali, turun ke bawah itu yang paling penting, bukan politik elite. Kalau kamu selalu turun ke bawah, kamu pasti menang, kita pasti menang,” ujar Megawati lewat keterangannya, Jumat, 8 Juli 2022.

“Tak ada jalan selain turun ke bawah. Selalu temui dan bekerja bersama pengurus partai dari DPD, DPC, PAC, sampai ranting.”

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan hasil survei menunjukkan peran anggota DPR semakin penting, yakni dalam konteks opini masyarakat hingga kemampuan penetrasi dan mengorganisir rakyat.

“Maka kita akan bahas bagaimana anggota fraksi bergerak cepat, sehingga seluruh rekomendasi Rakernas jadi panduan bagi seluruh gerak kepartaian kita yang dilakukan tiga pilar partai, termasuk legislatif dari pusat hingga daerah,” kata Hasto.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengingatkan agar seluruh anggota fraksi berjuang keras menjalankan tugasnya di DPR.

“Kita harus memastikan apakah misalnya rancangan undang-undang itu berpihak kepada rakyat, apakah menciptakan perubahan lebih baik, apakah akan makin memudahkan urusan rakyat? Jangan apa yang kita kerjakan justru menjadi bumerang karena dianggap merugikan rakyat. Itu intinya,” ujar Puan.

Selain itu, Puan mendorong agar semua anggota fraksi semakin memperbanyak kegiatan maupun aktivitas bersama warga masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Turun ke lapangan, turun ke lapangan karena rakyat menunggu kita. Saya sendiri merasakan bagaimana getaran massa rakyat ketika kita turun ke bawah,” ujar Puan.

Ketua Fraksi PDIP, Utut Adianto, mengatakan seluruh legislator berkomitmen mendukung penuh dan menjaga pemerintahan Jokowi sampai 2024 sesuai arahan Ketua Umum Megawati.

“Kita selalu ditugaskan ibu ketua umum untuk menyapa struktur partai ketika reses. Sekaligus selalu diingatkan untuk mampu berempati kepada rakyat di bawah. Rakor fraksi terakhir dilakukan pada 2018. Karena pandemi, baru kali ini lagi diarahkan Ibu ketua Umum, yang akan menambah semangat dan moril kita menuju hattrick di 2024,” ucap Utut.

Sumber Tempo