Lelang Ulang Pasar Darurat Alun-alun Lor Keraton Solo

oleh

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggela lelang ulang pembangunan sebagian pasar darurat Alun-alun Lor Keraton Solo. Lelang ulang digelar, setelah dua kali pelelangan gagal dilakukan karena tidak ada rekanan.

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo menjelaskan pihaknya saat ini sedang menhitung ulang nilai bangunan tersebut. Menurutnya, hal itu dilakukan agar Pemkot Solo dapat mengitung ulang nilai bangunan untuk menyesuaikan harga.

Subagiyo menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan evaluasi penyelenggaraan tender pembongkaran kios di sisi timur alun-alun.

“Sudah melakukan dua kali lelang tetapi tak diminati oleh rekanan,” kata dia, Kamis (4/10/2018).

Dikatakannya Subagiyo, nilai penawaran terendah yang ditetapkan Pemkot Solo terlampau tinggi. Dalam lelang pertama 2017 silam, nilai penawaran ditetapkan Rp7.289.105.100, di mana setiap peserta lelang wajib menyerahkan uang jaminan ke panitia Rp1,5 miliar.

Sementara lelang kedua awal tahun ini, Pemkot Solo menurunkan nilai penawaran menjadi Rp 3 miliar.

Menurutnya, apabila semua sudah selesai dihitung, maka akan dilelang kembali.
Pemkot Solo sendiri diketahui juga merencanakan restorasi dimulai dari sisi timur alun-alun, karena lahan sisi barat digunakan sebagai pasar darurat pedagang Pasar Klewer.

Sesuai rencananya kios darurat di sisi timur alun-alun akan dibongkar terlebih dulu.edit