Kanal Pengaduan Pemkot Semarang Sapa Mbak Ita Berpredikat Sangat Baik

oleh
kanal pengaduan sapa mbak ita semarang
Kanal pengaduan pelayanan publik Sapa Mbak Ita milik Pemkot Semarang mendapat predikat sangat baik dari Kemendagri. (Foto: Dok)

SemarangINFOPlus. Kanal pengaduan milik Pemkot Semarang, Sapa Mbak Ita, diganjar Kementerian Dalam Negeri dengan predikat sangat baik. Penilaian ini menambah sederet prestasi yang didapat Pemkot Semarang di bawah kepemimpinan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Atas capaian predikan tersebut, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi kinerja OPD dalam menindaklanjuti aduan masyarakat melalui kanal Sapa Mbak Ita.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkot Semarang mengucapkan matur nuwun kepada teman-teman yang sudah sangat gercep untuk menerima dan menyelesaikan keluhan, masukan atau bahkan kritikan dari masyarakat. Terima kasih kepada semua tim yang terlibat dalam penyelesaian aduan masyarakat melalui kanal ini,” ujar Mbak Ita, sapaan wali kota dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Pengaduan Sapa Mbak Ita Catur Wulan II di Balai Kota Semarang, Kamis (5/9).

INFO lain :  Puji Raharjo, Guru Ngaji yang Cabuli 17 Anak dibawah umur

Apresiasi tersebut diberikan atas hasil penilaian kinerja pengelolaan pengaduan pemerintah kabupaten/kota tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri yang menyebutkan bahwa Kota Semarang mendapatkan predikat kualitas pengelolaan pengaduan sangat baik.

Berdasarkan hasil rekapitulasi laju tindak lanjut dalam penilaian tersebut, pengelola pengaduan Kota Semarang mampu menyelesaikan laporan yang masuk melalui sapambakita.lapor.go.id dengan jumlah aduan terkelola tertinggi kedua setelah Kota Malang dengan laju tindak lanjut 100%.

INFO lain :  Praperadilan Tersangka Pencucian Uang Vs Bea Cukai Jateng. Siapa Menang ?

Dalam kesempatan tersebut, Mbak Ita juga mengapresiasi seluruh admin Sapa Mbak Ita yang telah bekerja keras selama 24 jam dalam 7 hari guna menangani berbagai lingkup aduan kemasyarakatan.

Pengaduan masyarakat yang masuk ke kanal pengaduan tersebut, mulai dari perbaikan fasilitas umum, perbaikan infrastruktur, pelayanan administrasi kependudukan hingga fasilitas pendidikan.

Senada dengan Mbak Ita, Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Soenarto juga memuji kinerja admin yang mampu menyelesaikan banyaknya aduan masyarakat yang masuk melalui lima kanal resmi Sapa Mbak Ita.

INFO lain :  Rekonstruksi Adegan Pembunuhan dan Mutilasi Mahasiswa UMY

“Saya harap proses penyelesaian pengaduan ini akan terus disempurnakan oleh seluruh admin. Pertama, tentang bagaimana laporan yang selesai bersyarat dapat diselesaikan secepatnya. Kedua, tuntaskan aduan masyarakat hingga benar-benar selesai agar tidak terjadi laporan berulang. Ketiga, selesaikan aduan dengan memperhatikan kualitas tindak lanjutnya,” beber dia.

Sementara, dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengaduan Pelayanan Publik Sapa Mbak Ita Caturwulan II Tahun 2024, para admin penghubung pengelola pengaduan publik diminta untuk meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam merespons aduan dan aspirasi masyarakat.