Naik KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru Makin Nyaman

oleh
Naik KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru sekarang makin nyaman
Menggunakan kereta ekonomi new generation, naik KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru sekarang makin nyaman. (Foto: KAI Daop 4)

Semarang – INFOPlus. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mengoperasikan kereta ekonomi new generation untuk KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru.

KA Blambangan Ekspres mempunyai relasi Semarang Tawang – Ketapang Banyuwangi PP dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang – Solobalapan PP. Penggunaan kereta ekonomi new generatin di dua kereta tersebut dimulai Rabu (19/6).

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa perubahan kereta ini merupakan wujud peningkatan layanan KAI untuk memenuhi kebutuhan dan masukan dari pelanggan yang tetap relevan dengan perkembangan zaman.

KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi.

“Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 80 tempat duduk, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, mulai Rabu 19 Juni 2024 diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 72 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak lagi berhadapan,” jelas Franoto, Minggu (16/6).

Dengan jumlah kapasitas tempat duduk yang hanya 72 kursi ini akan memperluas leg-room atau ruang untuk kaki pelanggan saat duduk di kursi kereta. Jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan public information display system (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif, seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

“Modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk,” ujar dia.

Kereta ekonomi new generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai. KAI secara bertahap akan memodifikasi kereta ekonomi jenis long seat berhadapan tegak lurus, menjadi kereta ekonomi new generation sampai dengan tahun 2025.

“Dengan beroperasinya kereta ekonomi new generation ini, merupakan upaya yang KAI lakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api, khususnya KA Blambangan Ekspres dan KA Banyubiru. Harapannya, semoga dapat meningkatkan animo masyarakat menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” pungkas Franoto. []