Sambut Lebaran, Mbak Ita Fokus Antisipasi Inflasi Kota Semarang

oleh
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu sampaikan kesiapan Pemkot Semarang sambut Idul Fitri. Salah satunya adalah antisipasi inflasi yang biasa terjadi di masa Lebaran. (Foto: Dok)

Semarang – INFOPlus. Kota Semarang siap menyambut Idul Fitri 2024. Salah satu fokus perhatian dari Pemkot Semarang adalah menekan inflasi yang biasa terjadi di masa Lebaran.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri Rapat Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jateng membahas persiapan Lebaran di Gedung Gradhika Pemprov Jateng, Senin (1/4).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, Sekda Jateng Sumarno, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan pimpinan stakeholder lainnya.

Dalam kesempatan itu, wali kota yang biasa disapa Mbak Ita ini memastikan kesiapan di semua sektor dalam menyambut Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H. Dalam waktu dekat, ia bakal menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Semarang menindaklanjuti persiapan dan penanganan Lebaran.

“Untuk pemantauan dan persiapan Lebaran ini, besok sore akan diadakan rakor tingkat kota,” ujarnya.

Dijelaskan, kebutuhan masyarakat saat Lebaran seperti bahan pokok, BBM, dan lainnya bakal menjadi perhatian. Selain itu juga pengamanan dan penanganan arus mudik dan balik juga menjadi prioritas, mengingat Kota Semarang merupakan salah satu wilayah yang bakal sering dituju maupun dilintasi pemudik.

“Pastinya semuanya ditekankan secara spesifik, karena semua memang terkait satu sama lain. Dan tadi disampaikan bahwa Provinsi Jawa Tengah kan berada di tengah-tengah Pulau Jawa, pasti akan menjadi perlintasan baik dari timur ke barat maupun barat ke timur,” terangnya.

Karena itu, lanjut dia, terkait harga kebutuhan pokok, penekanan inflasi masih menjadi prioritas Pemkot Semarang. Meski angka inflasi di Kota Semarang sudah turun, namun ia meminta kepada semua pihak untuk tetap waspada.

Untuk menjaga inflasi agar tetap rendah, ia pun bakal gencar menggelar Gerakan Pasar Murah. Selain itu juga akan melakukan pantauan-pantauan harga di setiap pasar.

“Akan ada lagi pasar murah tanggal 6 April 2024. Ini mungkin kita bisa ambil lagi untuk menekan harga-harga pangan di Kota Semarang,” bebernya.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang agar tempat wisata-wisata bisa disiapkan dengan maksimal. Ia memperkirakan bakal banyak wisatawan yang akan mampir di tempat-tempat wisata di Kota Semarang.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana meminta kepada semua kepala daerah dan stakeholder agar maksimal dalam menyiapkan kebutuhan masyarakat saat Lebaran. Ia juga mendorong kepada TNI-Polri untuk bisa menjaga kondusifitas di setiap wilayah termasuk penanganan arus mudik hingga balik.