Webinar Remaja: Katakan saja aku cinta padamu! Cewek confess duluan kenapa enggak?

oleh
Webinar Remaja: Katakan saja aku cinta padamu! Cewek confess duluan kenapa enggak? (Foto: Mw, Nay, Ir)

Jakarta – INFOPlus. Confess atau pengungkapan merupakan istilah yang sedang trend dikalangan anak muda masa kini. Confess yaitu menyatakan perasaan pada orang yang disukai dengan atau ada niatan untuk melanjutkan ke tingkatan hubungan yang lain. Confess itu wajar karena kamu cuma memberitahu kalo kamu ada perasaan sama dia, sekedar memberitahu tapi tidak berharap dia membalas perasaan kamu.

Bagaimana jika cinta dengan sahabat? Mungkin di antara kita pernah mengalami suka dengan sahabat sendiri atau bahkan sekarang kita lagi rasain nih, terutama pada hubungan persahabatan laki-laki dan perempuan.

Awalnya biasa saja, tapi lama-lama mulai ada rasa yang berbeda ya. Perasaan ini akhirnya membuat bingung, gelisah, dan terkadang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Terus apa sih yang harus kita lakukan kalau kita menyukai sahabat kita sendiri?

Bagaimana jika kamu terjebak dalam hubungan tanpa status (HTS)? Mungkin terlihat sebagai pilihan yang mudah (tidak mengikat) karena tidak perlu cepat-cepat berkomitmen, tetapi masih bisa menikmati rasa disayang atau diperhatikan.

HTS terbentuk karena adanya ketidakseimbangan komitmen (satu orang sudah merasa puas dengan hubungan santai dan tidak mengikat, sedangkan satu orang lagi berharap bisa menjadi lebih) bagi mereka yang berharap lebih, dapat berdampak pada kesehatan mental.

Knobloch & Solomon menunjukkan bahwa ketidakpastian hubungan sangat terkait dengan stress, tingginya konflik, kuatnya perasaan cemburu, dan perasaan bahwa ekspektasi terhadap hubungan telah dilanggar, mereka juga cenderung memiliki isu dengan self-worth sehingga mereka merasa harus berjuang keras untuk mendapatkan cinta.

Jika kamu terjebak dalam situasi ini, serta menginginkan lebih, usahakanlah untuk memperjelas hubungan ini dengan cara merefleksikan apa yang kamu inginkan dan jujurlah pada diri sendiri (apa sebenarnya yang kamu inginkan, apakah hubungan ini bermanfaat untukmu, apakah dia cocok dengan gambaran besar hidupmu?)

Suka VS Cinta? Colman (2006) menjelaskan bahwa cinta merupakan perasaan yang sangat mendalam atau perasaan yang sangat kuat, intens, dan sangat tertarik pada orang lain. Biasanya cinta memiliki tingkat yang lebih tinggi dari hanya sekedar rasa suka. Sementara suka belum tentu cinta.

Suka adalah perasaan senang hati yang menuntut (memaksa) yang bersifat egois dan ingin memilikinya. rasa suka dapat timbul karena reflek kita terhadap seseorang, misalnya bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, penampilan atau fisiknya. biasanya rasa suka ini ditujukan pada orang baru atau teman sendiri.