Undip Perkuat Kolaborasi Internasional di QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023

oleh
Undip hadir dalam QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023 di Malaysia belum lama ini. (Foto: Ist)

Semarang – INFOPlus. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengirim delegasinya dalam QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023. Peran aktif Undip di event tersebut memperkuat kolaborasi internasional lintas kampus.

QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023 digelar di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia pada 7–9 November 2023. Kegiatan dengan organising partner Universiti Kebangsaaan Malaysia ini mengambil tema Creating the Right Outcomes: Universities and the Future of Work in the Asia Pacific.

Undip diwakili Dekan Fakultas Psikologi Prof Dian Ratna Sawitri, Wakil Rektor Riset Inovasi dan Kerja Sama, para dekan, Kepala Kantor Pemeringkatan Undip dan segenap tim pendukung.

Penyelenggaraan QS Higher Education Summit: Asia Pacific 2023 didorong oleh keinginanan kuat universitas-universitas di Asia Pasifik untuk memastikan bahwa lulusannya memiliki bekal keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan kondisi masyarakat yang selalu berubah, serta dapat mengantisipasi beragam disruptor, seperti otomatisasi dan gig economy.

Pertemuan ini secara khusus juga membahas strategi pengembangan kreativitas, adaptabilitas, dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa; strategi agar industri dapat berkolaborasi dengan universitas dalam membangun talenta; identifikasi bidang baru dalam kemitraan penelitian industri; dan strategi mengoptimalkan AI.

Hari pertama, Prof Sawitri melakukan perpanjangan MoU dengan University of Cyberjaya yang telah menjadi partner Undip, khususnya Fakultas Psikologi selama 4 tahun untuk kegiatan visiting professor, gues lecturer, dan student mobility.

Dekan Fakultas Psikologi Undip juga menandatangani MoA bersama dengan Dekan Faculty of Health and Life Sciences, INTI International University and Colleges, Malaysia, untuk menguatkan kolaborasi internasional dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya student mobility, staff mobility, dan international engagement.

Hal ini melengkapi capaian delegasi UNDIP yang berhasil melakukan penandatanganan sebanyak 30 dokumen kerja sama (7 MoU, 20 MoA, dan 2 LoA) selama kegiatan ini berlangsung.

Pada hari yang sama, delegasi Undip juga melakukan penguatan kerja sama dengan kunjungan ke University of Malaya untuk bertemu dengan Dekan Faculty of Arts and Social Sciences.

Di hari kedua, Prof Sawitri menjadi guest lecture di University of Malaya dengan membawakan materi Following the PhD yellow brick road Navigating your doctoral journey. Kegaiatan ini diadakan Department of Sociology and Anthropology.