DPD Partai Golkar Surakarta Usung Nama Gibran pada Pilkada Jateng 2024

oleh

Solo – DPD Partai Golkar Surakarta mengusung nama Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024.

“Untuk kepala daerah provinsi tahun 2024 secara internal partai, personel yang diusulkan Panggah Susanto, yakni Ketua DPD Partai Golkar Jateng. Namun secara eksternal muncul nama Gibran Rakabuming Raka,” kata Ketua Harian DPD Partai Golkar Surakarta Bandung Joko Suryono di Solo, Senin.

Ia mengatakan diusungnya Gibran sebagai kandidat calon Gubernur Provinsi Jawa Tengah karena beberapa pertimbangan, salah satunya karena Wali Kota Surakarta tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memimpin suatu daerah.

“Yang tadinya sebagian orang (meragukan), apa mampu memimpin Solo. Dari pengamatan kami beliau punya kemampuan luar biasa untuk mengemban amanah sebagai Wali Kota Surakarta. Potensi ini makin bermanfaat untuk kepentingan rakyat apabila beliau kami proyeksikan jadi Gubernur Jawa Tengah,” katanya.

Selain itu, kinerja tersebut mampu dibuktikan oleh Gibran meski baru setengah jalan memimpin Kota Solo. Menurut dia, hal itu merupakan prestasi tersendiri.

“Ketika seluruh bangsa, termasuk Surakarta mengalami situasi sulit, yakni saat pandemi COVID-19 ternyata di bawah kepemimpinan Mas Gibran, Surakarta mampu mengatasinya,” katanya.

Ia mengatakan Gibran tidak hanya mampu mengembalikan stabilitas kesehatan tetapi juga stabilitas ekonomi.

“Dalam masa sulit maupun saat pandemi terjadi ‘recovery’. Mampu melakukan percepatan, kebijakan yang dilakukan, antara lain melakukan pendampingan kepada sebanyak 6.500 UMKM, menyelenggarakan event lokal, regional, nasional, bahkan internasional. Ini berdampak signifikan terhadap pemulihan dan percepatan ekonomi di Surakarta,” katanya.

Dia menilai Gibran berhasil menciptakan stabilitas keamanan maupun ketertiban masyarakat sehingga masyarakat Kota Surakarta berada dalam iklim yang nyaman dan kondusif.

“Selain itu, saat ini yang sedang dan akan berproses, yakni Mas Gibran meletakkan fondasi kuat untuk kemajuan Surakarta. Ada sepuluh sektor pembangunan yang saat ini tengah dikerjakan di antaranya Masjid Raya Sheikh Al Zayed, Islamic Center, ‘elevated’ rel, revitalisasi Solo Technopark Park, Taman Balekambang, dan IKM Mebel Gilingan,” katanya.

Langkah visioner lainnya, menurut dia, adalah mendorong Surakarta menuju “smart city” atau kota pintar. Melihat beberapa pertimbangan tersebut, ia berharap diusungnya nama Gibran pada Pilkada 2024 oleh DPD Partai Golkar Surakarta dapat menjadi pertimbangan bagi DPP Partai Golkar.

“Karena nanti malam pu8kul 18.30 WIB ada rapat di DPP dengan agenda finalisasi terkait pileg (pemilihan legislatif) dan pilkada, maka saya harus sampaikan ini ke media dengan harapan percepatan akses informasi segera sampai DPD provinsi dan DPP,” katanya.

Sumber Antara