Kurangi Angka Putus Sekolah, Pemkab Batang Berikan Beasiswa Rp593 Juta

oleh
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Achmad Taufiq secara simbolis menyerahkan dana beasiswa.

Batang – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memberikan beasiswa sebesar Rp593 juta kepada 241 pelajar dan mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Achmad Taufiq di Batang, Jumat, mengatakan bahwa pemberian beasiswa ini untuk membantu kelanjutan pendidikan pelajar dan mahasiswa, serta mengurangi angka putus sekolah.

“Jangan sampai ada pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi namun dari keluarga kurang beruntung mengalami putus sekolah,” katanya.

Ia mengtakan, bantuan beasiswa tersebut sudah ditransfer langsung melalui kas daerah ke rekening masing-masing penerima.

Masing-masing penerima beasiswa, kata dia, mendapat bantuan antara Rp1 juta hingga Rp7,5 juta sesuai bobot nilai prestasi dan biaya pendidikan penerima.

“Kami berharap ke depan beasiswa ini dapat meningkat secara kualitas dan kuantitasnya sehingga akan semakin banyak pelajar dan mahasiswa yang terbantu,” katanya.

Asisten I Kabupaten Batang Wilopo mengatakan beasiswa ini sebagai wujud komitmen pemkab untuk perluasan akses pendidikan di daerah sehingga nantinya dapat mewujudkan pendidikan yang merata, terjangkau, setara, dan berkelanjutan.

“Beasiswa ini juga sebagai wujud penghargaan dan pengembangan sesuai dengan minat dan potensi pelajar. Kami berharap dengan beasiswa ini bisa mendukung pendidikan yang lebih tinggi untuk seluruh masyarakat,” katanya.

Sumber Antara