Relawan Ganjar Pranowo Batal Deklarasikan Dewan Kopral pada 1 Oktober

oleh
Seorang relawan komunitas sopir truk DKI Jakarta melukis pada bagian bak truk di Jakarta Timur, Ahad, 7 Agustus 2022.

Jakarta – Ketua Umum Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer, menyatakan deklarasi Dewan Kopral ditunda. Sebelumnya Noel, nama sapaan akrabnya, mengatakan deklarasi organ relawan pendukung Ganjar itu dilakukan pada 1 Oktober 2022.
Namun, kegiatan ini akan ditunda setelah Ganjar Pranowo memberi arahan agar relawan tidak melakukan manuver karena keputusan capres dari PDIP hanya ditentukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Noel pun mengintruksikan anggotanya untuk menghentikan wacana Dewan Kopral. Hal ini dilakukan untuk menjaga situasi politik agar lebih tenang dan kondusif.

“Kita ikuti arahan beliau, meski sebenarnya pembentukan Dewan Kopral inisiatif dari teman teman karena merasa tertantang oleh gerakan Dewan Kolonel. Tidak ada arahan dari beliau, jadi kami tunda dulu sampai benar-benar ada keputusan dan arahan berikutnya, ” kata Noel.

Dewan Kopral sendiri merupakan Komando Perjuangan Rakyat Jelata yang berisi relawan dari kalangan lintas profesi, terutama rakyat Marhaen yang menginginkan capres prorakyat. Noel berujar Dewan Kopral dibentuk karena termotivasi pembentukan Dewan Kolonel oleh pendukung Puan Maharani.

“Kami patuh ikut arahan beliau (Ganjar). Saat ini GP Mania hanya akan fokus untuk konsolidasi,” ucapnya.

Noel mengungkap Ganjar Pranowo Mania tengah sibuk untuk membangun jaringan di 33 propinsi sampai tingkat desa dan kelurahan. Noel mengatakan anggotanya sudah tak sabar untuk bergerak.

“Tapi saya sudah arahkan agar menunggu momentum tahun depan. Biar suasana politik tidak mudah panas dan Presiden Jokowi bisa menyelesaikan pemerintahannya dengan baik,” ujar dia.

Sumber Tempo