PK Agoes Soeranto, Staf Khusus Bupati Kudus Ditolak MA

oleh
Ilustrasi putusan pengadilan.

Semarang – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Agoes Soeranto alias Agus Kroto (58), terpidana korupsi jual beli jabatan di Pemkab Kudus.

Putusan PK dijatuhkan MA 27 Juni 2022 lalu dalam perkara nomor 621 PK/Pid.Sus/2022. MA dalam amar putusannya menolak permohonan peninjauan kembali dari Pemohon Peninjauan Kembali/Terpidana Agoes Soeranto.

“Menetapkan bahwa putusan yang dimohonkan peninjauan kembali tersebut tetap berlaku,” demikian isi amar putusan PK oleh majelis hakim PK terdiri ketua, Desnayeti, anggota Abdurrahman dan Margono yang telah diterima Pengadilan Tipikor Semarang 19 September 2022 lalu.

Sebelumnya, PK diajukan atas vonis 4,5 tahun penjara Pengadilan Tipikor Semarang 9 Maret 2020 lalu. Pengadilan menyatakan Agoes terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana tersebut dalam dakwaan Kedua. Selain pidana 4,5 tahun penjara, ia dipidana denda Rp 200 juta subsidair 4 bulan kurungan.

Dalam pertimbangan putusan PK, majelis hakim MA menyatakan tidak terdapat hal baru, keadaan baru, bukti baru (novum) dalam permohonan aquo, sebagaimana ditentukan dalam Pasal 263 Ayat (2) huruf a KUHAP. Hakim juga tidak menemukan suatu kekhilafan hakim atau suatu kekeliruan yang nyata sebagaimana Pasal 263 Ayat (2) huruf c KUHAP, karena Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang Nomor 86/Pid.Sus.TPK/2019/PN Smg, tanggal 15 April 2020, telah dipertimbangkan secara tepat dan benar.

(rdi)