DPRD Apresiasi Prestasi Pemkot Semarang di Bawah Kepemimpinan Mbak Ita

oleh
Anggota DPRD Kota Semarang M Sodri apresiasi prestasi yang diraih Pemkot Semarang di bawah kepemimpinan Mbak Ita. (Foto: Ist)

Semarang – INFOPlus. Kota Semarang meraih puluhan penghargaan dalam kurun hampir satu tahun kepemimpinan Hevearita Gunaryanti Rahayu. Capaian prestasi ini mendapat apresiasi dari kalangan DPRD setempat.

Di bawah komando Mbak Ita, sapaan Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kota Semarang di tahun 2023 memborong 30 penghargaan berbagai bidang. Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Sodri angkat topi prestasi kepemimpinan Mbak Ita tersebut.

Sodri mengatakan, capaian Mbak Ita tersebut dapat menjadi motivasi daerah lain agar meningkatkan kinerja yang berorientasi untuk masyarakat.

“Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah bisa menjadi percontohan daerah-daerah lain,” kata Sodri, Kamis (4/1).

Politisi yang merupakan Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Semarang itu menyebut, banyak hal peningkatan yang dilakukan Mbak Ita sepanjang memimpin pembangunan di Kota Atlas.

Dia memberikan fokus perhatian terhadap capaian penghargaan dalam bidang pelayanan publik. Seperti di antaranya penghargaan badan publik informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

“Saya sebagai mitra pemerintah melihat langsung banyak peningkatan banyak hal, apalagi terkait pelayanan publik,” ujarnya.

Menurutnya, capaian tersebut dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas, menjadi tantangan serta melahirkan inovasi lebih banyak.

“Sebagai penghargaan, juga sebagai tantangan, jangan sampai tahun ini skornya malah turun,” katanya.

Dikatakan, Kota Semarang akan berjalan optimal mana kala di dalamnya ada partisipasi aktif dari masyarakat.

Meski begitu, dalam kacamatanya, Pemkot Semarang sudah lebih terbuka terkait peran masyarakat terhadap pembangunan yang sedang berlangsung.

“Masyarakat saya kira mulai terbantu dengan fasilitas seperti Sapa Mbak Ita. Mbak Ita ini terlihat responsif, bisa melanjutkan estafet kepemimpinan dengan baik,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim. Menurutnya prestasi yang didapat Kota Semarang harus bisa memacu semangat dalam perbaikan tata pemerintahan.

“Termasuk juga dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat, karena itu merupakan salah satu hal pokok dan substansial,” tegas politisi Partai Gerindra ini.

Sebagai informasi, penghargaan yang diterima Kota Semarang tahun 2023 di antaranya penghargaan dari Komisi Informasi untuk Badan Publik Informatif dan Rumah Sakit Daerah (RSD) KRMT Wongsonegoro sebagai penyedia fasilitas kesehatan terbaik.

Juga menyabet penghargaan Universal Health Coverage (UHC) melalui program Pangeran Diponegoro. Lalu, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tertinggi Mentor atau Pratama dalam membangun pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan APE ini merupakan penghargaan ketiga yang berhasil diraih Kota Semarang.