Lomba Kelola Sampah Lampah Kita Kota Semarang Sukses, Berikut Daftar Pemenang

oleh
DLH Kota Semarang sukses menggelar lomba pengelolaan sampah hingga muncul momentum mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. (Foto: Ist)

Semarang – INFOPlus. Pemkot Semarang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sukses menggelar lomba pengelolaan sampah Lampah Kita. Lewat gelaran tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat mengelola kebersihan lingkungan meningkat.

Acara pengumuman pemenang lomba video Kelola Sampah di Lingkungan Kita atau Lampah Kita tahun 2023 digelar di Polder Tawang, Kawasan Kota Lama Semarang, Jumat malam (17/11).

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bambang Suranggono, para juri lomba, perwakilan peserta dan tamu undangan.

Lomba yang berlangsung dari 25 September 2023 hingga 15 Oktober 2023 rupanya menarik perhatian masyarakat. Terlihat dari jumlah video dari peserta lomba yang mencapai lebih dari 1.500 video pengelolaan sampah dari berbagai kategori.

“Selamat kepada para pemenang dan Kami lihat kesadaran warga Semarang cukup tinggi dalam memilah sampah. Dan bahkan banyak pula sampah diolah jadi barang bermanfaat seperti tas. Harapan kami jumlah sampah semakin berkurang,” ujar Sekda Iswar Aminuddin

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Bambang Suranggono yang turut hadir dalam acara tersebut, ikut memberikan hadiah langsung kepada para pemenang dengan total hadiah Lomba Lampah Kita mencapai Rp209 Juta.

Bambang Suranggono menyampaikan Lampah Kita berhasil menciptakan momentum positif dalam upaya pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat Semarang. Sekaligus mendorong meningkatnya kepedulian masyarakat terkait kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

“Semoga kontribusi para pemenang lomba dapat menginspirasi orang lain dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pemenang,” ungkapnya.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup DLH Kota Semarang, Safrinal Sofaniadi menambahkan Lampah Kita mencakup lima kategori, yaitu Usaha dan Perkantoran, Masyarakat, Pendidikan, Fasilitas Umum/Layanan Kesehatan, Inovasi dan Riset.

“Lomba ini berbasis video. Bagaimana pengelolaan sampah, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, pasar, dan sebagainya,” katanya.

Para pemenang ditentukan melalui seleksi ketat oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, DLH Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Jawa Tengah, dan PKK Kota Semarang.

“Proses seleksi dilakukan secara hati-hati untuk memastikan kontribusi dan inovasi dalam pengelolaan sampah terwakili dengan baik,” ujar dia.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba Kelola Sampah di Lingkungan Kita (Lampah Kita):