Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, Anggota Polda Bali Jalin Kerjasama dengan SEBASA dan INL

oleh

Bali – Tempat wisata internasional Bali, memang menjadi magnet tersendiri bagi turis nasional maupun internasional. Sehingga masyarakat diharapkan mampu menyesuaikan kondisi ini, termasuk insan Polri.

Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional menjadi keharusan sebagai modal agar dapat berkomunikasi dengan turis dari berbagai Negara.

Kesiap siagaan itu juga dilakukkan oleh Polda Bali. Salah satu kesiapsiagaan dalam menyambut turis asing tersebut adalah menyiapkan anggota yang mahir berbahasa aInggris.

Oleh karena itu Polda Bali mengadakana kerjasama dengan Sebasa Polri dan INL (International Narcotics and Law Enforcement) dalam menyiapkan anggotanya agar mahir berbahasa Inggris.

Wilayah hukum Polda Bali merupakan destinasi wisata dunia dan juga tempat perhelatan event berskala internasional. Maka jajaran Polda Bali dituntut berperan aktif dalam tugas utama sebagai pengemban fungsi keamanan untuk mensukseskannya.

Keseluruhan aspek harus disiapkan oleh Polda Bali khususnya kesiapan sumber daya manusia Polda Bali dalam menyambut setiap event tersebut.

Untuk itu Polda Bali berkolaborasi dengan tenaga pendidik bahasa Inggris dan fellow bahasa Inggris untuk melakukan pemetaan dan Analisa kebutuhan untuk mendesain pelatihan bahasa Inggris kepada anggota Polda Bali.Kegiatan English Assessment pada Polda Bali ini mendapat dukungan dari counterpart Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri, RELO (Regional English Language Office), ICITAP (International Criminal Investigative Training Assistance Program) dan INL (International Narcotics and Law Enforcement).

Program ini merupakan salah satu wujud keberadaan Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia POLRI yang PRESISI di era revolusi industri 4.0.

Adapun tempat yang dijadikan sasaran Language assessment dan Need Analysis Assessment adalah Polda Bali, Polresta Denpasar, Polres Badung, Polres Tabanan, Polres Gianyar dan Polres Bangli.

Keberhasilan program ini akan menjadi wujud nyata SEBASA untuk meningkatkan kemampuan personil Polri dalam menggunakan bahasa asing.

Kegiatan dipimpin Kasebasa Kombes Pol. Dhani Hernando SIK, MH beserta tim pengajar ibu Soegma dan ibu Arny Purba serta English language fellow Ms. Gina Kirlan dan Program Officer dari INL Lya Nugrasari dan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari – 3 Februari 2023.

Pada kesempatan tersebut, Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana, bertukar cinderamata dengan Kasebasa Polri Kombes Pol. Dhany Hernanod,SIK.,MH.Wakapolda saat menerima tim Kasebasa juga juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungannya untuk Polda Bali.

“Program ini diharapkan akan memberikan manfaat dimasa yang akan datang,” kata Kombes Pol. Dhani Hernando SIK, MH.(TS)