3 Personil Sebasa Polri menjadi Juru Bahasa di Stadium Security Management Course

oleh

Jakarta – Sekolah Bahasa (Sebasa) Polri mengirim kan tiga personilnya, yaitu Pembina Iis Hayatin Suhartini, Penata Tk I Riza Aries Setyawan, Penda Arini Soraya beserta seorang personil Pusdikmin Kompol Lulut Hariyani untuk menjadi juru bahasa pada kegiatan Stadium Security Management Course (Kursus Manajemen Pengamanan Stadion) yang berlangsung di hotel Atlet Century Park, Senayan Jakarta Selatan pada tanggal 25 januari s.d. 2 Februari 2023.

Acara dihadiri 66 peserta terdiri dari 34 Karo Ops Polda, 22 orang perwakilan dari Satker Mabes Polri, perwakilan dari Kemenpora, Kemen PUPR, Kemenkes, PSSI, dan PT LIB masing-masing 2 peserta.

Kegiatan ini merupakan komitmen polri dalam menjalankan amanat presiden untuk mentranformasi persepakbolaan di Indonesia salah satunya dalam bidang manajemen keamanan stadion dan penonton agar peristiwa tragedi kanjuruhan tidak terulang dan sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah World Cup U20, 20 Mei – 11 Juni 2023.

Pelatihan diselenggarakan Staf Operasi Polri (SOPS POLRI) bekerjasama dengan Coventry University, UK. Adapun 5 trainers yang didatangkan dari UK adalah Prof Mike C. Hardy (Founding Director Center of Trust, Peace, and Social Relations, Coventry University), Prof David Mclilhatton (Director of Institute of Peace and Security Coventry University, England), Mr. John Cuddihy (Senior Fellow Protective Security, Coventry University, England), Calum Glenny (Match Commander), Mr. Patrick O’Callaghan (Divisional Operations Police Scotland).

Para juru bahasa telah mengalihbahasakan materi yang disampaikan oleh pelatih secara simultaneous dan consecutive di dalam kelas, saat berdiskusi dan sesi tanya jawab serta mendampingi kelima pelatih. Termasuk saat mereka mengunjungi stadion GBK Jakarta untuk melihat sistem keamanan di stadion, seperti ruang kendali kontrol, pagar pembatas, jalur masuk dan keluar penonton, dan lain sebagainya.

Juru bahasa juga mendampingi kelima pelatih saat menonton pertandingan sepakbola antara Persija versus Persikabo di stadion Patriot Candrabragha Bekasi, para pelatih mengamati pola pengamanan di dalam stadion dan di luar stadion, serta mengamati perilaku penonton pada sebelum, saat, dan setelah pertandingan.

Kegiatan sendiri dibuka Asops Kapolri dan ditutup oleh Kapolri ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme personil polri sebagai unsur pengamanan pada saat kegiatan pertandingan lokal maupun bertaraf internasional khususnya pertandingan sepakbola World Cup U20, 20 Mei – 11 Juni 2023 mendatang.(ts)