Perumahan Bumi Balakosa & Fakultas Psikologi Ubhara Jaya Gelar Workshop “Membidik Sisi Psikologis Marketing Property”

oleh

Semarang – Pengembang Perumahan Bumi Balakosa Mijen Semarang, beberapa waktu yang lalu menggelar Workshop “Membidik Sisi Psikologis Marketing Property”. Workshop ini digelar  bekerja sama dengan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat  Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Workshop yang di gelar di sebuah Restorant di Mijen Semarang tersebut diikuti perwakilan dari beberapa agen Properti di Semarang dan Jawa Tengah.

Brand Managaer Perum Bumi Balakosa Suhali, mengatakan bahwa digelarnya acara workshop tersebut bertujuan memberikan gambaran, bahwa marketing property dalam meng “goalkan” customernya perlu berbagai strategi, yang salah satunya adalah  “marketing psikologi.’ Dengan membidik dari sisi psikologis, diharapkan marketing property dapat menguasai dan memahami bagaimana mengejar target dan calon cutomernya bisa deal dan membeli produk yang di tawarkan.

Sementara itu narasumber dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Dr. Tugimin Supriyadi, S.Psi,MM.,Psikolog menyampaikan bahwa “Psikologi Marketing adalah strategi pemasaran yang mempelajari psikologi audiens dalam memandang suatu produk. Strategi ini memanfaatkan perasaan audiens untuk mempengaruhi emosi serta tindakan dalam mengambil keputusan terkait produk yang ditawarkan.”

Lebih lanjut, Tugimin Supriyadi yang juga Ketua Kajian  Psikologi Kepolisian  dan Keamanan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya itu menambahkan bahwa tujuan dari psikologi marketing sendiri adalah memahami motivasi emosional audiens dalam mempertimbangkan suatu produk. Bisa dari promo seperti diskon, flash sale, kupon atau kemudahan serta kenyamanan saat berbelanja.

Selanjutnya dikatakan,  agar strategi marketing yang di  terapkan berjalan dengan lancar, diperlukan beberapa tips yang dapat  terapkan pada strategi psikologi marketing.

Tips tersebut adalah  Bangkitkan emosional audiens, perlihatkan bukti sosial, bangkitkan kesan Fomo pada audiens, teknik resiprokal, dan manfaatkan Goldilocks Effect.

Brand Manager Perum Bumi Balakosa Suhali, menambahkan bahwa di akhir tahun 2022 ini  selain membekali dengan workshop, pihaknya juga memberikan senjata ampuh kepada para marketing, yakni memberikan discout besar di akhir tahun yakni discount 7,5 % dari harga jual bila pembeli membayar secara tunai atau cash keras, dan memberikan discout 5 % untuk pembelian kredit.

 

Sumber : INFOPlus 01/WV)