Dua Kalapas/Rutan di Wilayah Jateng Diganti

oleh

Semarang – Dua kepala lapas (Kalapas) dan rumah tahanan (Rutan) di wilayah Jawa Tengah yakni Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara diganti dan serah terima jabatan berlangsung di Aula Lapas Narkotika Purwokerto, Rabu (2/11/2022).

Kepala Divisi Administrasi Jusman yang pada kesempatan itu mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin ikut menyaksikan kegiatan tersebut.

Lapas Narkotika Purwokerto yang sebelumnya dipimpin Teguh Hartaya digantikan Irfan selaku Plt kepala lapas yang baru. Teguh Hartaya memasuki masa purnatugas.

Sementara Rutan Banjarnegara, Karyono pimpinan sebelumnya memindahkan tongkat komando kepada Bima Ganesha Widyadarma. Karyono mendapatkan amanah baru sebagai Kepala LPKA Ternate.

Kadivmin Jusman dalam sambutannya mengatakan belakangan ini banyak Surat Keputusan Menkumham tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan administrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng yang artinya banyak mutasi dan rotasi sebagai tindak lanjut dari SK tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Jusman meminta seluruh jajaran tidak apriori dan resistance, karena hal itu merupakan bagian dari mekanisme pengembangan diri.

“Kalo ada SK, janganlah apriori, jangan resistance. Jangan beranggapan buruk. Kalau ada SK, terutama mutasi karena itu bagian dari pengembangan SDM,” katanya.

Jusman berpendapat mutasi dan rotasi merupakan media untuk bisa terus mengasah kemampuan di tempat yang berbeda, dengan beban kerja yang berbeda, dengan lingkungan yang berbeda, dengan kondisi yang berbeda dan dengan tugas yang berbeda.

“Artinya kita memang harus mampu mengemban amanah apapun dan dimana pun kita ditempatkan. Itu cara kita mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang pernah didapat untuk diimplementasikan di tempat lain,” katanya.

Jusman juga berpesan kepada pejabat yang baru untuk mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, dapat menimba ilmu secara maksimal, dan segera beradaptasi dengan kondisi terkini.

Pada kesempatan itu, Kadivmin hadir bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto. Tampak juga menyaksikan kegiatan, beberapa Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banyumas dan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Lapas Narkotika Purwokerto.

Sumber Antara