Dapat Sinyal Dukungan dari Jokowi, Ganjar Pranowo Tak Mau GR

oleh

Jakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan tak mau terlalu berbesar hati setelah sempat mendapatkan sinyal dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin. Ganjar menyatakan dirinya pun hadir dalam kapasitas menyambut presiden yang berkunjung.

“Ya saya sebagai gubernur (saat itu) mendampingi (Presiden Jokowi), ‘ojo GR-an’ (jangan gede rasa),” kata Ganjar saat ditemui seusai menghadiri penganugerahan doktor kehormatan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Pusat, UGM, Yogyakarta, Senin, 23 Mei 2022.

Dalam pidatonya di acara Rakernas tersebut, Jokowi sempat meminta Projo untuk bersabar dalam menentukan arah dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menyatakan masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan sebelum menentukan arah dukungan. Meskipun demikian, Jokowi sempat memberikan sinyal akan mendukung Ganjar yang hadir di acara tersebut.

“Fokus untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dahulu, ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” kata Jokowi.

“Kata siapa (dukungan ke Ganjar), wong di situ banyak (orang). Saya itu kemarin hadir karena fungsi saya sebagai gubernur, ada presiden kunjungan ya saya datang gitu aja,” ucap Ganjar.

Meski demikian, ia manangkap pesan Presiden Jokowi kepada relawan Projo bahwa tidak perlu tergesa-gesa berbicara politik tentang calon presiden pada Pemilu 2024.

“Ojo kesusu maksudnya jangan kencang-kencang kalau jalan nanti ketabrak,” kata Ganjar.

Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat pada Pilpres 2024. Sejumlah lembaga survei menempatkan politikus PDI Perjuangan itu sebagai calon dengan elektabilitas tertinggi.

Meskipun demikian, Ganjar belum dapat dipastikan maju dalam pemilihan orang nomor satu di Indonesia tersebut. PDI Perjuangan belum menentukan siapa calon yang mereka usung hingga saat ini. Selain Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan juga masih memiliki kandidat lain seperti Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sumber Tempo