Jabat Kabaintelkam, Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel Nyekar ke Makam Ibu Jokowi

oleh

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Rycko Amelza Dahniel nyekar di makam ibu Presiden Jokowi, Jumat (1/5/2020). (Istimewa)

Semarang – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Rycko Amelza Dahniel menjadi salah satu pejabat tinggi yang dimutasi di tubuh Polri. Mendapat jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri, Rycko langsung nyekar ke makam ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai mengikuit rangkaian Hari Buruh Nasional di Semarang dengan membagikan sembako, Rycko langsung ke Gondangrejo Karanganyar menuju makam Hj Sujdiatmi Notomiharjo. Rycko nyekar bersama istri dan beberapa orang lainnya.

“Iya, saat ini saya sedang ziarah. Ini sudah menjadi kebiasaan saya, setiap mendapat amanah, saya selalu berziarah ke orangtua saya. Kali ini saya ziarah di makam eyang (panggilan ibu Jokowi), karena sudah saya anggap sebagai ibu kandung saya sendiri,” kata Rycko kepada wartawan saat dimintai konfirmasi lewat telepon, Jumat (1/5/2020).

“Ini sebagai bentuk atas rasa syukur saya setelah diberi kepercayaan oleh Kapolri dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri,” imbuhnya.

Untuk diketahui, mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/1377/V/KEP./2020 dan surat telegram yang lain, bernomor ST/1378/V/KEP./2020, yang terbit pada Jumat (1/5/2020). Surat itu ditandatangani atas nama Kapolri, oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

“Rotasi jabatan itu sudah hal biasa. Rotasi jabatan ini seluruh jajaran Polri se-Indonesia,” ujar Rycko.

Terkait pengganti Rycko, akan diisi oleh Brigjen Ahmad Lutfhi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Jateng. Sedangkan posisi Wakapolda diisi Brigjen Pol Abiso Seno Aji yang dulu pernah menjabat Kapolrestabes Semarang.

Sumber Detik