Kandang Terbakar, Ribuan Ayam Mati Terpanggang

oleh

SRAGEN – Kandang ayam berisi ribuan ekor ayam milik Rudi Hartono (39) Warga Pondok RT 20, Desa Trombol, Mondokan, Kabupayen Sragen terbakar hebat.

Kebakaran mengakibatkan ribuan ayam yang berada dalam kandang mati mengenaskan.


Kapolsek Mondokan AKP Sudira dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo mengatakan, kejadian sekira pukul 06.30 WIB.

Saat itu Rudy bersama dengan istrinya Siti Maryam sedang berada di rumah tak jauh dari kandang. “Tiba-tiba mendapat kabar dari tetangganya, Kurwanto kalau kandang ayam miliknya terbakar,” katanya, Jumat (21/2).

Rudy dan istrinya langsung menuju ke kandang ayam miliknya tersebut untuk memastikan. Setelah sampai di kandang bahwa benar kandang ayam miliknya sudah dalam keadaan sudah terbakar.


“Kemudian korban berteriak minta tolong tidak lama kemudian petugas pemadam kebakaran di bantu warga berusaha memadamkan api,” terang AKP Sudira kembali.


Api berhasil dipadamkan dengan melibatkan 1 unit mobil Damkar Sragen bersama sejumlah relawan.


Menurutnya, api membakar bagian depan kandang yang terbuat dari kayu dengan ukuran kandang 9 kali 500 Meter. Kandang tersebut berkapasitas ayam 4.500 ekor dengan usia ayam 34 hari.


Kapolsek menguraikan, diduga api berasal dari pemanas ruangan dengan mengunakan bahan bakar gas. Kebakaran tersebut di duga karena kebocoran gas yang digunakan sebagai bahan bakar pemanas ruangan,” urainya.


Atas kejadian kebakaran ini korban mengalami kerugian sekitar Rp70 juta. Kerugian tidak hanya rusaknya kandang beserta peralatan kandang ayam.

“Namun diperkirakan 2.500 ekor ayam berusia 34 hari mati terpanggang,” tandasnya. (mht)