Popda Banyumas 2019 Diikuti 7823 Pelajar

oleh

Banyumas – Sebanyak 7823 atlit pelajar mengikuti pekan olahraga pelajar daerah (Popda) tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2019. Popda mulai dipertandingkan, Senin (18/2/2019) hingga Sabtu (23/2/2019) mendatang.

Kabid olag raga pada Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinnporabudpar) Kabupaten Banyumas mengatakan, sebanyak 7823 atlit berasal dari kelompok SD, SMP dan SMA yang turun dalam 17 cabang olahraga.

“Pada hari pertama ini ada delapan cabang olahraga yaitu bola voli, bola basket, bulutangkis, tenis meja, karate, pencak silat, sepak bola, dan kempo. Untuk lima cabor digelar di GOR Satria Purwokerto yaitu bola voli, bulutangkis, tenis meja, pencak silat, dan sepak bola. Sedangkan bola basket digelar di GOR SMK CBM purwokerto, kemudian karate di SMA N Sokaraja, dan kempo di kantor kelurahan Purwokerto lor,” jelasnya.

Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi dan Pendidikan, Dinporabudpar Banyumas, Lilik Gunawan mengatakan, pelaksanaan Popda 2019 diharapkan berjalan lancar. Selain itu, lanjutnya, melalui Popda diharapkan dapat menghasilkan atlet-atlet potensial dan berbakat.

”Karena orientasi sebetulnya pembinaan olahraga prestasi ini kan prestasi, muaranya nanti prestasi. Jadi tidak sekedar rutinitas untuk melaksanakan popda ini. tiap tahun biasanya popda, popda tapi seperti itu, stagnan. Lalu kedepannya paling tidak nanti dihasilkan atlet-atlet yang bener-bener potensial,” katanya

Lilik mengingatkan tujuan diadakannya Popda untuk pembinaan prestasi yang nantinya dapat mewakili Banyumas di provinsi syukur melaju ke Popnas.

”Jadi paling tidak ada atlet-atlet yang berprestasi jadi ketika nanti kita menang disini sampai ke karesidenan, lalu sampai ke provinsi mudah-mudahan pemenang dari sini bisa meraih prestasi sampai ke Popnas nasional”, tambahnya.

(dit/jatengprov.go.id)