SD Plosorejo Gondang Sragen Terbakar Akibat Sampah

oleh

Sragen – Kebakaran terjadi di Sekolah Dasar Plosorejo 2 kecamatan Gondang Kabupaten Sragen, Sabtu (15/09/2018). Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.15 WIB.

Peristiwa itu sempat membuat panik warga sekitar hingga membuat mereka yang tengah gotong royong menjadi panik. Mereka langsung berlari menuju gedung sekolah yang saat itu sudah tutup, dan anak anak sudah pulang dari sekolah.

Kebakaran diduga diakibatkan kobaran api dari tumpukan sampah.Api merembet hingga ke atap bangunan ruang sekolah.

Kapolsek Gondang mewakili Kapolres Sragen menerangkan, kebakaran pertama kali diketahui Wahmun, seorang pekerja bangunan yang berseberangan dengan gedung sekolah. Saat itu ia mendengar anak anak berteriak kebakaran dan lngsung melihat kobaran api sudah membubung tinggi hingga atap sekolah.

“Api diduga berasal dari tumpukan sampah yang terbakar, hingga merembet ke tumpukan rencek kayu jati, yang bersebelahan dengan sampah. Lantaran kobaran rencek kayu jati itu sangat besar, sehingga jilatan api sampai pada atap bangunan ruang sekolah, akhirnya membuat atap bangunan itu turut terbakar pula,“ kata Kapolsek AKP Suhardi.

Sampah sendiri, kata dia, semula dibakar oleh salah satu warga. Namun, dikira api sudah padam, sehingga warga tersebut meninggalkan bakaran sampah tersebut.

“Beruntung ada warga yang melihat, sehingga kebakaran tak sampai merembet ke bangunan sekolah yang lain,“ terangnya lagi.

Kebakaran ini pula tak sampai mengakibatkan korban jiwa. Namun akibat dari kebakaran ini, pihak SD Plosorejo merugi hingga Rp 2.5 juta.

Beberapa bagian usuk, reng serta kayu kayu atap yang lain terbakar. Genting juga berjatuhan dan pecah.edit