Pembobol ATM di Sragen Diringkus

oleh

Sragen – Aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BRI di depan Toserba Mitra Sragen berhasil di gagalkan Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Resmob, Satuan Reserse Kriminal Polres Sragen. Dua pelaku yang kini ditetapkan tersangka diamankan dan berhasil diringkus.

Dari dua pelaku, seorang diketahui residivis yakni Sugiyono (44) warga Karanganyar, dan Sugiyanto (35) warga Boyolali.

Kepada petugas, pelaku mengaku telah melakukan aksi pembobolan ATM sebanyak 16 kali di sejumlah tiga kabupaten termasuk diantaranya Sragen.

“Terakhir beraksi yaitu di mesin ATM di depan Toserba Mitra Sragen, Jumat (3/8/2018) lalu dini hari,” ungkap Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, Senin (6/8/2018).

Informasi yang dihimpun di kepolisian menyebutkan, aksi pelaku dipergoki petugas yang kebetulan tengah melintasi di Jalan Raya Sukowati sekitar pukul 02.00 WIB. Petugas mencurigai adanya kendaraan Daihatsu Xenia yang diparkir menghadap ke jalan raya di depan Toserba.

Setelah beberapa saat lamanya, kendaraan tersebut dipantau, lalu didekati dan diketahui adanya seseorang pelaku di dalam mobil. Sementara, seorang lagi berada di dalam mesin ATM.

Ketika itu, pelaku di bilik mesin ATM diketahui tengah membongkar mesin ATM dan berusaha mengambil uang. Kedua tersangka lalu diamankan dan dibawa ke Mapolres Sragen.

Kasat Reskrim AKP Yuli Monasoni menambahkan, kedua tersangka saat ini tengah menjalani pemeriksaan penyidik Sat Reskrim untuk pengembangan kasus pembobolan ATM tersebut.

“Dari pemeriksaan sementara, pelaku beraksi di sejumlah 16 lokasi ATM di 3 kabupaten diantaranya Sragen dua TKP, Sukoharjo 7 TKP dan selebihnya di Karanganyar,” ungkap dia.edit