Antisipasi Kejahatan di Pekalongan Jelang Lebaran, Kepolisian Perketat Patroli

oleh

Pekalongan – Patroli semakin digiatkan petugas jajaran kepolisian di daerah, selain dalam rangka kematibmas jelang pelaksanaan Pilkada, juga terkait menghadapi lebaran. Kepolisian mengantisipasi adanya aksi kriminalitas terkait hal itu.

Sebagaimana dilakukan, patroli digelar anggota Polsek Bojong Polres Pekalongan oleh Aiptu Hani P ke sejumlah obyek vital, salah satunya toko Mas Mulia Bojong. Dikatakannya, terdapat sekitar 7 toko mas di wilayah Bojong sehingga diperlukan kewaspadaan yang cukup ekstra.

“Karena biasanya menjelang lebaran tingkat kriminalitas semakin tinggi,” kata Hani P, kemarin.

Dengan patroli rutin, kata Hani, diharapkan akan bisa menekan angka kriminalitas bahkan mencegah sejak dini. Dalam patroli tersebut, petugas menyatakan tidak lupa menekankan pada pemilik toko emas agar selalu waspada dan meningkatkan pengamanan internal. Baik dengan pemasangan pagar besi, pemasangan CCTV, penempatan brangkas yang aman maupun menjaga hubungan yang baik dengan tetangga sekitar toko.

“Sehingga hal tersebut akan bisa membantu mencegah penjahat untuk melakukan aksinya.,” imbuhnya.

Tak hanya soal kriminalitas, jelang puasa dan lebaran, Polsek Bojong juga mengantisipasi peredaran makanan berbahaya atau kadaluwarsa di sejumlah tokok modern. Salah satunya patroli makanan kadaluwarsa digelar di Indomaret Bojong.

“Patroli dilakukan untuk mengantisipasi menjelang bulan ramadhan yang sebentar lagi tiba dimana. Selain memberikan rasa aman bagi pengelola dan masyarakat dengan kehadiran polisi untuk mengecek apakah ada makanan yang tidak layak jual atau kadaluwarsa yang dijual,” imbuh Hani P.

Selain memeriksa barang yang kadaluwarsa, petugas juga mengecek apakah barang yang dijual sudah memiliki ijin edar baik dari Depkes, BPOM maupun sertifikat halal dari MUI. Nantinya petugas akan berkoodinasi dengan pihak terkait jika ditemukan barang yang tidak memiliki ijin edar tersebut. (edi)