Hadiri Kick Off Peringatan Hari Ibu Nasional, Mbak Ita Dorong Kaum Perempuan Bisa Lebih Berdaya

oleh
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu hadiri kick off Peringatan Hari Ibu di Jakarta, Selasa (14/11). (Foto: Ist)

Semarang – INFOPlus. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri acara Kick Off Peringatan Hari Ibu (PHI) tahun 2023 di Istora Senayan, Selasa (14/11). Acara tersebut menjadi kegiatan pembuka dari rangkaian acara PHI tahun 2023.

Mbak Ita, sapaan Wali Kota Semarang, mengungkapkan rasa syukurnya karena menjadi bagian dari 7.500 perempuan berbagai profesi, kalangan, dan usia yang bisa hadir langsung di kegiatan tersebut.

Menurutnya, acara ini juga bisa menjadi ruang untuk menunjukkan kepada publik perihal kekuatan perempuan melalui kontribusinya untuk mendorong kemajuan negara.

“Alhamdulillah, hari ini saya menghadiri kick off Peringatan Hari Ibu tahun 2023. Ini merupakan pembuka dari rangkaian-rangkaian acara yang akan datang, yang akan diadakan di Papua Barat, Bali dan Aceh,” ujar Mbak Ita.

Peringatan Hari Ibu sendiri merupakan bentuk apresiasi untuk seluruh perempuan Indonesia atas kontribusinya.

Tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KemenPPA) amengadakan roadshow PHI di tiga provinsi yang rencananya akan digelar di Papua Barat (18 November), Aceh (22 November) dan Bali (16 Desember ). Puncak acara dilaksanakan pada 22 Desember di Gedung BRIN Jakarta.

Lebih jauh, Mbak Ita berharap kepada para perempuan agar bisa semakin berdaya dan dapat terus meneguhkan perannya di tengah masyarakat.

Apalagi, lanjut dia, di Indonesia memiliki cukup banyak kepala daerah dari kalangan perempuan. Dengan demikian, perempuan juga bisa berkontribusi aktif dalam pembangunan daerah masing-masing.

“Kita berharap, perempuan-perempuan bisa lebih berdaya untuk memajukan wilayah masing-masing. Apalagi sekarang banyak sekali kepala daerah, wakil kepada daerah dari perempuan yang tadi juga sudah diapresiasi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia,” tuturnya.

Pelaksanaan PHI-ke 95 Tahun 2023 mengangkat tema utama Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. PHI tahun ini juga cukup berbeda dari tahun sebelumnya karena memiliki 4 sub tema, yakni Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, Perempuan dan Revolusi. Empat sub tema ini untuk membingkai semangat dan gerakan para perempuan Indonesia. (Ags/Mw)