Target Bulan Dana PMI Kota Magelang Rp1 miliar

oleh

Magelang – Target kegiatan Bulan Dana PMI Kota Magelang selama tiga bulan, 1 Mei hingga 31 Juli 2023, terkumpul sumbangan dari berbagai kalangan di daerah itu antara Rp900 juta hingga Rp1 miliar.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Kamis, mengatakan Bulan Dana PMI untuk kemanusiaan, tidak memandang agama, dan agar masyarakat bersyukur.

Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan belum dapat memenuhi target, waktu kegiatan tersebut diperpanjang selama satu bulan atas seizin Wali Kota Magelang.

Kegiatan Bulan Dana PMI Kota Magelang 2023 dikukuhkan Wali Kota Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian Magelang, Selasa (18/4) dengan Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto terpilih menjadi ketua panitia.

Ia berharap banyak bahwa Bulan Dana PMI 2023 bisa mencapai target sehingga diperlukan berbagai pendekatan untuk menghimpun dana bagi PMI dari berbagai komponen, seperti BUMD/BUMN, ASN, pengusaha, dan masyarakat.

“Memang perlu pendekatan, kita punya BUMD, ASN sekitar 2.600 orang, juga masyarakat. Tapi harus disesuaikan dengan kemampuan. Ini harus betul-betul kita kawal agar tepat sasaran,” katanya.

Ketua PMI Kota Magelang Suko Tri Cahyo menjelaskan Bulan Dana PMI sebagai kegiatan rutin setiap tahun untuk menggalang dana masyarakat sebagai bentuk kesetiakawanan sosial.

Dana yang terkumpul untuk meringankan penderitaan sesama dan membantu korban bencana alam maupun nonalam.

“Harapannya dengan terkumpulnya sesuai target memberikan arti bagi PMI di bidang kemanusiaan,” kata dia.

Ketua Bulan Dana PMI Kota Magelang 2023 Letkol Inf Jarot Susanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam Bulan Dana PMI 2023 di wilayah ini.

Sebagai kegiatan rutin setiap tahun dengan target tertentu, kata dia, diperlukan kerja sama yang baik semua komponen.

Dia berharap kepada jajaran panitia Bulan Dana PMI untuk mengoordinasi dan bahu-membahu mewujudkan target tersebut.

Ia menjelaskan Bulan Dana PMI untuk meringankan masyarakat yang mengalami bencana, meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan PMI, dan melengkapi peralatan yang dibutuhkan serta obat-obatan.

“Ada kejadian baru-baru ini misalnya korban akibat mercon, korban hanyut, kecelakaan lalu lintas, peran PMI sangat luar biasa, membantu evakuasi dan penanganan kejadian tersebut,” ungkapnya.

Ia mengatakan tentang harapan masyarakat terkait dengan keterbukaan informasi penggunaan dana PMI karena dalam kegiatan PMI tidak lepas dari dukungan pemerintah dan respons positif masyarakat.