Temanggung lakukan gerakan pangan murah

oleh

Temanggung – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Perum Bulog melakukan gerakan pangan murah di bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala DKPPP Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto di Temanggung, Sabtu, mengatakan untuk mewujudkan gerakan itu di bulan Ramadhan ini digelar pasar murah pangan di tiga titik, pertama di DKPPP Temanggung pada 29 Maret 2023.

Kemudian di Kecamatan Ngadirejo pada 6 April 2023, dan terakhir di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung pada 13-17 April 2023.

“Gelar pasar pangan murah di Pendopo Pengayoman besok, kami juga bekerja sama dengan PKK Kabupaten Temanggung,” katanya.

Ia menuturkan dalam kegiatan ini memang Bulog mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

“Menghadapi hari-hari besar keagamaan, kami ada kegiatan berupa pasar pangan murah dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok,” katanya.

Menurut dia dari kegiatan yang sudah berjalan, animo masyarakat cukup tinggi, seperti kegiatan yang dilakukan di DKPPP Temanggung, telur sebanyak tiga kuintal habis dalam beberapa jam.

“Animo masyarakat cukup tinggi mengikuti kegiatan ini, karena harga kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah pangan ini lebih murah dari harga di pasaran karena barang didatangkan langsung dari produsen,” katanya.

Ia menyebutkan seperti harga telur kemarin lebih murah sekitar Rp2.000 per kilogram dari harga pasar.

Sumber Antara