Milenial Banyumas Raya Dukung Gibran Maju Pilkada Jateng

oleh
Perwakilan dari 14 komunitas se-Banyumas Raya menandatangani piagam deklarasi dukungan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2024 di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (23/10/2022).

Purwokerto – Kalangan milenial dari berbagai komunitas di wilayah Banyumas Raya, meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen, memberikan dukungan kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2024.

Dukungan tersebut dideklarasikan dalam acara “Dopokan, Ngopi Bareng G-Bran Community-Pemimpin Muda Masa Depan Bangsa” di area parkir Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Saat ditemui di sela acara, Ketua Panitia Pelaksana Supriyanto mengatakan 14 komunitas se-Banyumas Raya yang beranggotakan kalangan milenial tersebut menghendaki adanya pemimpin muda.

“Jadi, setelah kami pertimbangkan dan sering ngobrol dengan kawan-kawan komunitas, diputuskan secara aklamasi bahwa kami menghendaki Mas Gibran itu maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah tahun 2024,” kata Supriyanto.

Menurut dia, hal itu logis karena para anggota komunitas memiliki hak pilih dan hak untuk menentukan siapa kepala daerah mereka. Terkait dengan alasan dukungan tersebut diberikan kepada Gibran, Supriyanto mengatakan Wali Kota Surakarta itu merupakan tokoh muda dan memiliki prestasi dalam kepemimpinannya.

Dalam hal itu, lanjutnya, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sering diundang Gibran untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Gibran juga telah membawa tradisi batik menjadi dikenal dunia internasional dalam suatu acara di Prancis beberapa waktu lalu.

“Itulah landasan kami untuk meminta Mas Gibran maju ke Pilkada Jateng tahun 2024,” tambahnya.

Supriyanto mengatakan deklarasi dukungan kepada Gibran tersebut baru pertama kali digelar di Banyumas dan pihaknya berencana menggelar acara serupa untuk tingkat Jawa Tengah.

Usai mendeklarasikan dukungannya kepada Gibran, perwakilan dari 14 komunitas se-Banyumas Raya menandatangani piagam deklarasi yang akan diserahkan kepada Gibran di Surakarta dalam waktu dekat.

Ke-14 komunitas yang terlibat itu di antaranya pelaku UMKM, petani milenial, pecinta tanaman bonsai, komunitas ojek daring, suporter sepak bola, blogger, dan pecinta burung berkicau.

Sumber Antara