Manfaat Sorgum bagi Kesehatan

oleh

INFOPlus – Sarapan dengan sereal adalah cara praktis dan menghemat waktu buat yang sibuk namun tetap bergizi dan mengenyangkan. Cukup dituangkan kedalam mangkuk berisi susu, sereal sudah siap dimakan, atau bisa juga mencampurkannya dengan madu. Salah satu sereal pengganti nasi yang menyehatkan dan mengenyangkan adalah sorgum.

Sorgum termasuk dalam keluarga rumput Poaceae ini cukup digemari sehingga menduduki peringkat kelima sereal yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Biji-bijian berwarna putih ataupun kuning pucat ini memang kaya manfaat. Berikut manfaat sorgum untuk kesehatan, seperti dilansir Healthline dan Webmd.

Sorgum adalah biji-bijian yang biasa dijadikan sereal maupun pakan ternak. Semangkuk sorgum mentah atau setara dengan 100 gram dapat mengandung 329 kalori, 11 gram protein, 3 gram lemak, 72 gram karbohidrat, dan 7 gram serat.

Selain itu, sorgum juga kaya berbagai vitamin, seperti vitamin B1 atau tiamin, vitamin B6, tembaga, zinc, magnesium, fosfor, kalium, dan selenium. Berikut manfaat sorgum untuk kesehatan.

Bantu metabolisme hingga perkembangan sel saraf
Sorgum kaya vitamin B yang punya banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Vitamin B dapat membantu metabolisme, kesehatan rambut dan kulit, hingga bagus untuk perkembangan sel saraf.

Efek antikanker
Sorgum mengandung senyawa fenolat seperti tanin yang dapat menghambat enzim yang berkaitan dengan perkembangan kanker payudara. Selain itu, senyawa fenolat lain dalam biji-bijian ini adalah 3-deoxyanthocyanidins yang bisa merusak sel kanker manusia.

Bantu pola makan kaya serat
Kandungan pati dalam sorgum membuat lebih sulit dicerna oleh tubuh dibandingkan biji-bijian lain. Hal ini membuat orang yang makan sorgum merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sorgum juga mengandung banyak serat. Semangkuk sorgum dapat memenuhi 25 persen asupan serat harian yang direkomendasikan. Pola makan kaya serat dengan sorgum membantu menurunkan berat badan dan kolesterol, menstabilkan gula darah, hingga mencegah sembelit.

Bebas gluten
Gluten adalah kandungan yang banyak dihindari orang karena dapat memicu penyakit celiac. Bagi orang yang menghindari biji-bijian yang mengandung gluten seperti gandum, sorgum adalah alternatif yang tepat.

Bantu cegah peradangan
Salah satu kandungan dalam sorgum adalah antioksidan seperti flavonoid, asam fenolat, juga tanin. Dengan kandungan ini, sorgum dapat menurunkan stres oksidatif serta mencegah peradangan.

Sumber protein nabati yang bagus
Sorgum mengandung banyak protein, bahkan disebut kandungan proteinnya setara kandungan dalam quinoa. Quinoa adakah biji-bijian sereal yang dikenal memiliki kandungan protein tinggi.