7.521 Calon Haji Diberangkatkan Melalui Embarkasi Solo

oleh

Boyolali – Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) menyatakan 7.521 calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci via daerah Embarkasi Solo pada gelombang pertama pemberangkatan jamaah haji tahun 2022.

Rombongan terakhir yang diberangkatkan pada gelombang pertama yakni jamaah dalam kelompok terbang (kloter) 21 Embarkasi Solo yang meliputi calon haji asal Kabupaten Gunung Kidul dan Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jamaah Kloter 21 Embarkasi Solo yang terdiri atas 360 orang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Provinsi jawa Tengah pada Sabtu, pukul 11.30 WIB.

“Dengan diberangkatkannya calon haji kloter 21, sehingga (jamaah, red.) gelombang satu sudah diberangkatkan seluruhnya dengan total sebanyak 7.521 orang,” kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin.

Di antara jamaah yang dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada gelombang satu pemberangkatan, ada dua orang yang belum bisa berangkat karena sakit, yakni satu anggota Kloter 16 asal Kota Semarang dan satu anggota Kloter 18 asal Kabupaten Sleman.

Menurut PPIH Embarkasi Solo, keduanya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit TNI Angkatan Udara Karanganyar. Mereka bisa diberangkatkan ke Arab Saudi bersama kelompok terbang yang lain setelah dinyatakan sembuh dan layak terbang oleh dokter.

Selain itu, ada sembilan calon haji yang dipulangkan ke daerah asal, yang terdiri atas dua orang yang sedang hamil, seorang pendamping, dan enam orang yang tidak bisa diberangkatkan karena sakit.

Sarip menjelaskan calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah tiba di Tanah Suci hingga Sabtu sebanyak 7.161 orang, yang terbagi dalam 20 kelompok terbang.

PPIH Embarkasi Solo sudah mulai kedatangan jamaah calon haji dalam kelompok pemberangkatan gelombang kedua.

Jamaah Kloter 22 Embarkasi Solo yang meliputi 360 calon haji asal Kota Semarang dan Kabupaten Sukoharjo tiba di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Sabtu, pukul 08.00 WIB.

Jamaah Kloter 22 Embarkasi Solo dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo menuju Bandara King Abdul Aziz di Kota Jeddah, Arab Saudi pada Minggu (19/6), pukul 01.25 WIB.

“JCH gelombang pertama (yang meliputi) kloter 1 sampai 21 tujuannya ke Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, sedangkan jamaah gelombang kedua (yang meliputi) kloter 22 sampai 43 ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” kata Sarip.

Sumber Antara