Diabetes Melitus jadi Masalah Kesehatan yang Harus Dikendalikan

oleh -11 views

Solo – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta menyatakan diabetes melitus (DM) masih menjadi masalah yang harus dikendalikan mengingat jenis penyakit tersebut salah satu komorbid tertinggi pada angka kematian akibat COVID-19.

“Ini masalah yang harus dikendalikan, kalau tidak terkendali dengan baik maka terjadi komplikasi dan pembiayaan ekonomi yang makin banyak,” kata Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Kamis (18/11/2021).

Menurut dia, DM merupakan penyakit yang sifatnya perorangan dan bisa berdampak pada komplikasi ke jantung, stroke, serta gagal ginjal.

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya berupaya melakukan pencegahan yang bersifat promotif dan preventif, di antaranya masyarakat harus rajin cek kesehatan secara rutin, mengenyahkan rokok, rajin olah raga, dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

“Selain itu juga istirahat yang cukup serta kelola stres,” katanya.

Ia mengatakan jika tidak ada langkah pengendalian pada penyakit tersebut maka akan timbul risiko, salah satunya klaim BPJS Kesehatan yang makin besar.

“Sedangkan kalau ini dikendalikan dengan baik maka risiko bisa berkurang. Oleh karena itu, promotif preventif kami lakukan,” katanya.

Pihaknya mencatat hingga saat ini ada sebanyak 36.964 warga Kota Solo yang terdeteksi menderita DM. Angka ini sebesar 12,38 persen dari total jumlah penduduk dewasa di daerah tersebut.

“Penyebabnya selain keturunan juga gaya hidup, kurang olahraga, kurang gerak, serta makanan tinggi gula. Ini yang harus dikendalikan,” katanya.

Sumber Antara

Tinggalkan Balasan