Gibran Menang Telak di TPS, Tempat Dia Nyoblos

oleh
oleh

SOLO – Pasangan Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa menang telak di kandangnya sendiri di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 22 pada Pilkada Solo 2020.

TPS itu merupakan tempat mencoblos Gibran, yang berada di RT 04 RW 13, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini memperoleh 171 suara dan rivalnya Bagyo Wahyono-FX Supardjo memperoleh 24 suara.

Ketua TPS 22 Toto Saronto mengatakan, jumlah pemilih yang abstain atau memilih tidak datang jumlahnya cukup banyak. Dari data pemilih di TPS 22 jumlah warga yang memiliki hak pilih sebanyak 314 orang.

“Namun yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 208 orang. Jadi jumlah warga yang memilih tak mencoblos, jumlahnya mencapai 106 orang,” katanya.

Jumlah warga tak hadir dalam pemilihan ini, kata dia, jauh lebih banyak dibandingkan pemilu sebelumnya.

Banyak hal yang kemungkinan membuat warga enggan datang ke TPS. Pertama, banyak yang sudah pindah atau berada diluar kota. Pasalnya, di TPS dimana Gibran memilih, jumlah warga yang berada di perantauan mencapai 50 persen.

“Kedua, banyak warga yang takut datang ke TPS disaat pandemi ini. Untuk warga yang diisolasi didaerah ini (TPS 22) sebenarnya, tidak ada yang isolasi mandiri. Kita semua aman tidak ada yang isolasi mandiri,” terangnya.

Saat undangan disebar di H-3 pada 6 Desember 2020 lalu, pihaknya juga meminta warga tak perlu takut untuk datang ke TPS.

Sebab, pihak TPS sudah menyiapkan semua yang ditetapkan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, Thermo Gun dan kaos tangan sudah disiapkan dalam jumlah melebihi jumlah pemilih.

“Namun meski begitu, masih saja banyak warga yang takut datang,” tukasnya. (rta)