Jumlah Pendaftar Perangkat Desa di Kabupaten Kudus Capai 5.147 orang

oleh

Kudus – Peminat seleksi pengisian perangkat desa yang tersebar di 90 desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membeludak karena hingga saat ini pendaftar mencapai 5.147 orang.

“Jumlah pendaftar di luar perkiraan kami karena ternyata peminatnya cukup banyak jika dibandingkan dengan formasi tersedia,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono di Kudus, Rabu.

Ia mengungkapkan jumlah pendaftar tersebut masih bersifat sementara karena masih ada rekapitulasi dari masing-masing desa yang menyelenggarakan seleksi perangkat desa.

Jumlah desa yang melakukan pengisian perangkat desa sebanyak 90 desa yang tersebar di sembilan kecamatan, meliputi Kecamatan Kota, Mejobo, Dawe, Bae, Undaan, Kaliwungu, Jekulo, Gebog, dan Jati.

Sementara jabatan perangkat desa yang kosong sebanyak 252 formasi yang tersebar di 90 desa sehingga masing-masing desa ada yang hanya membutuhkan antara dua formasi hingga tiga formasi.

Untuk saat ini, katanya, masih memasuki tahap melengkapi berkas persyaratan administrasi bakal calon perangkat desa yang dibatasi hingga 29 November 2022.

Sementara pengumuman laporan hasil penelitian persyaratan administrasi bakal calon perangkat desa dilaksanakan tanggal 30 November 2022. Tahapan berikutnya seleksi tes tertulis.

Terkait jumlah perguruan tinggi yang diajak bekerja sama dalam seleksi tersebut, kata Adhi, diserahkan kepada masing-masing desa.

Sedangkan pengajuan permohonan kerja samanya dengan perguruan tinggi baru dimulai tanggal 1 Desember 2022.

Setelah ada penandatanganan kerja sama dengan perguruan tinggi, selanjutnya dilaksanakan uji coba ujian penyaringan pada 12 Desember 2022.

Sedangkan pelaksanaan ujian penyaringan pada tanggal 13 Desember 2022.

Hasil ujian langsung disampaikan panitia ujian pada hari yang sama karena tes seleksi rencana dengan model tes berbasis komputer (CAT/’computer assisted test’).

Sumber Antara