Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar Digelar Pemkot Magelang

oleh
Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur memimpin Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar, Jumat (2/9/2022).

Magelang – Pemerintah Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Haul Syekh Subakir di Kebun Raya Gunung Tidar, Jumat, untuk mengenang jasa tokoh tersebut yang pada masa lampau menyebarkan ajaran Islam di daerah setempat.

“Prinsipnya dengan haul ini untuk mengenang jasa beliau dan mendoakan almarhum Syekh Subakir yang sudah berjuang di Magelang ini,” kata Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang di Magelang, Jumat.

Kegiatan yang berlangsung secara sederhana namun khidmat itu, diikuti sekitar 150 orang, antara lain kalangan pejabat pemkot setempat, tokoh agama, para santri dan masyarakat sekitar Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan yang wilayahnya di kaki Gunung Tidar.

Haul Syekh Subakir antara lain ditandai dengan doa bersama dan khataman Al Quran yang dipimpin Wakil Wali Kota Magelang Mansyur di area makam di Gunung Tidar.

Selama ini, Gunung Tidar yang berada di tengah-tengah Kota Magelang tersebut menjadi tujuan masyarakat dari berbagai daerah untuk berziarah.

Ia mengemukakan bahwa keteladanan Syekh Subakir menjadi semangat bagi berbagai kalangan masyarakat setempat untuk mewujudkan kemajuan pembangunan Kota Magelang.

Kota Magelang yang seluas sekitar 18 kilometer persegi itu, meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan, dengan jumlah penduduk sekitar 127.846 jiwa.

“Kita pun punya semangat untuk meneruskan perjuangannya untuk Kota Magelang ini,” ucap dia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Gunung Tidar Yhan Noercahyo Wibowo mengatakan Haul Syekh Subakir sebagai kegiatan rutin diselenggarakan pemkot setempat setiap tahun sejak 2018, bertepatan dengan Jumat, minggu pertama pada bulan Safar –kalender Hijriah.

“Acara memang masih sederhana tapi tetap khidmat,” kata dia.

Sumber Antara