ASEAN Para Games 2022, Ribuan Warga Sambut Kirab Obor di Solo

oleh

Solo – Ribuan masyarakat Kota Solo antusias menyambut meriah kegiatan torch relay atau kirab obor ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang berlangsung di Jalan Slamet Riyadi dari Purwosari- Stadion Sriwedari, menuju Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu.

Torch relay APG 2022 yang ditunggu-tunggu masyarakat khususnya di Kota Solo Raya itu dibuktikan dengan sambutan meraih di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo yang pelaksanaannya bersama dengan Solo Car Free Day (SCFD).

Kirab obor APG 2022 juga dimeriahkan sejumlah seni budaya antara lain tokoh Rama Sinta, reog, Lembu Sura, Baron Kemamang, dan Solo Batik Carnawal. Tidak ketinggalan para atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, pasukan Paskibraka, dan sejumlah artis ibu kota ikut mengawal Api abadi APG yang diambil dari Mrapen Grobogan itu.

Torch relay APG 2022 dimulai dari Purwosari menuju Stadion Sriwedari merupakan tempat bersejarah penyelenggaraan PON pertama di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga selaku Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Commitee (INASPOC) membawa obor dari Purwosari menuju Stadion Sriwedari.

Setiba di Stadion Sriwedari, obor di bawa memutari lapangan satu kali kemudian diserahkan kepada Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun sebagai tuan rumah penyelenggaraan, untuk dilanjutkan menuju Balai Kota Surakarta. Torch relay dilanjutkan oleh para atlet NPC Indonesia menuju balai kota.

“Bukan hanya kebangkitan olahraga saja, tetapi sektor pariwisata dan ekonomi Kota Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Kami melihat masyarakat penuh semangat sambut APG di Solo,” kata Sandiaga.

NPC Indonesia telah ditargetkan menjadi juara umum pada APG XI 2022 di Solo ini. Sandiaga mengajak para atlet tetap semangat untuk memenuhi target menjadi juara umum APG di Solo.

“Kegiatan torch relay ini, menjadi pembangkit ekonomi kita pasca-pandemi. Sebuah pantun, berwisata ke Solo penginap di vila, rasakan keramahan warga dan kesejukan kota, sukseskan APG 2022 di Indonesia, mari bangkitkan perekonomian bangsa,” kata Sandiaga menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun berharap pada pesta olahraga disabilitas APG 2022 di Solo, berjalan sukses olahraga, ekonominya, dan administrasi. Indonesia harus juara umum.

Begitu juga dengan Sekretaris Jenderal APSF Wandee Tosuwan mengapresiasi persiapan Indonesia matang dalam menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus nanti.