Kirab Merah Putih Semarang Kembali Digelar

oleh

Semarang – Kirab Merah Putih kembali digelar di Semarang usai dua tahun tak dilaksanakan. Kirab itu biasanya rutin digelar untuk memperingati Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya.

“Alhamdulillah setelah sempat kita liburkan karena pandemi COVID, Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati Haul Habib Thoha bin Yahya itu bisa dilaksanakan kembali,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Selasa (17/5/2022).

Acara tersebut dimulai dari Makam Habib Thoha di Depok, Kembangsari, Semarang hingga Balai Kota Semarang hari ini. Di balai kota, para peserta kemudian mengikuti apel kebangsaan.

Ada seribuan orang yang terlibat dalam acara kirab tersebut. Mereka membentangkan bendera merah putih memanjang dan berjalan menuju balai kota.

Mereka berjalan mulai pukul 09.00 WIB dan sampai sekitar 30 menit kemudian. Di balai kota, sejumlah warga juga terlihat antusias menyaksikan adanya apel kebangsaan.

Acara tersebut dimeriahkan oleh siswa SMP, santri, pegiat kesenian budaya dan sejumlah ormas di Semarang.

Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi sendiri memimpin langsung upacara tersebut.

Hendi menyampaikan bila acara ini juga diikuti oleh perwakilan umat agama lainnya. Hal itu disebut mencerminkan harmoni dan toleransi yang tinggi di Semarang.

“Penggagas Kirab Merah Putih ini kan Habib Lutfi yah, dia dalam setiap Kirab Merah Putih tidak hanya menghadirkan sebuah pengakuan terhadap satu agama tapi semua dilibatkan,” kata hendi.

“Itu menunjukkan bila situasi di Semarang ini sangat harmoni, benar-benar meyakini bahwa sebuah perbedaan ini merupakan sebuah kekuatan bangsa,” pungkasnya.

Sumber Detik