Garuda Indonesia Pertimbangkan Restrukturisasi Utang untuk Mengecilkan Armada

oleh

Jakarta – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (GIAA.JK) , yang pekan lalu gagal membayar sukuk $ 500 juta, sedang mempertimbangkan proses restrukturisasi utang yang diawasi pengadilan dan sedang dalam pembicaraan untuk memangkas ukuran armadanya, kata eksekutif perusahaan pada Senin (21/6/2021).

Seorang wakil menteri badan usaha milik negara mengatakan awal bulan ini total utang maskapai yang dikendalikan negara adalah sekitar $ 4,5 miliar dan menjalankan arus kas negatif $ 100 juta per bulan karena biaya tinggi dan pendapatan rendah selama pandemi virus corona.

Garuda, yang telah mencari penangguhan pembayaran untuk sebagian besar kewajiban, sekarang sedang mempertimbangkan apakah akan menegosiasikan utangnya yang meningkat di dalam atau di luar pengadilan, Kepala Eksekutif Irfan Setiaputra mengatakan pada sidang parlemen pada Senin malam.

Namun, dia mencatat bahwa meskipun membawa masalah ini ke pengadilan niaga dapat menghasilkan kesepakatan yang lebih cepat dengan kreditur, ada risiko tidak tercapainya solusi dan pengadilan dapat menyatakan Garuda pailit.

“Garuda harus memiliki rencana yang solid karena … kreditur harus diyakinkan bahwa jika mereka mengorbankan klaim mereka, mereka tahu bahwa Garuda akan bertahan lebih lama,” katanya kepada anggota parlemen dalam sidang yang disiarkan secara online, di mana suara sering diredam karena sifat sensitif dari informasi tersebut.

Pandemi telah memaksa maskapai untuk menutup beberapa penerbangan, dengan jumlah penumpang rata-rata per penerbangan juga turun secara signifikan. Ini termasuk rute yang tidak menguntungkan seperti Jakarta-Osaka, dan akan mencakup penerbangan ke Melbourne dan Perth bulan depan, kata Irfan. Perusahaan juga sedang meninjau penerbangan Amsterdam.

Maskapai ini saat ini hanya menerbangkan 41 pesawat dari 142 armadanya, Dony Oskaria, wakil kepala eksekutif perusahaan, mengatakan pada sidang yang sama. Ia telah mengembalikan 20 pesawat kepada lessor dan sedang dalam negosiasi untuk mengembalikan tujuh lagi, katanya.

“Proses negosiasinya tidak mudah. Kami ingin mengembalikan 101 pesawat tetapi itu akan memakan waktu,” kata Dony, seraya menambahkan perusahaan saat ini sedang menegosiasikan skema untuk terminasi dini, liburan sewa atau bayar per jam.

Garuda juga mempresentasikan kepada parlemen rencana bisnis lima tahun dari 2022, yang mencakup tujuan untuk EBITDA positif dan armada 66 pesawat. Rencana tersebut mengasumsikan periode turnaround mulai dari paruh kedua tahun ini.

Maskapai juga ingin mempertahankan tenaga kerja sesuai dengan jumlah pesawatnya. Garuda mempekerjakan lebih dari 7.800 sebelum pandemi, tetapi sekarang telah memberhentikan 2.300, menurut dokumen yang diserahkan kepada anggota parlemen.

Sumber Reuters