Tim SAR Evakuasi 2 Pekerja Magelang dari Sumur, Kelelahan dan Cedera

oleh

Magelang – INFOPlus. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua pekerja dari dalam sumur. Dua pekerja gali sumur asal Magelang tak bisa naik lantaran kelelahan dan mengalami cedera.

Dua orang pekerja gali sumur di Dusun Jetis, Desa Dawung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan selamat, Kamis ( 10/8) pukul 16.15 WIB.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menuturkan dua korban, Mustofa (42) dan Romli (62) keduanya warga Dusun Jetis RT 1 RW 2 Desa Dawung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, tak bisa naik atau keluar dari sumur setelah mengalami kelelahan dan cedera gegara tertimpa material tanah galian.

Kronologi kejadian, bermula dari Mustofa dan Romli sedang bekerja menggali sumur. Mereka sudah menggali tanah hingga kedalaman sumur mencapai 12 meter. Diameter sumur sekitar 80 Cm.

Saat Romli menaikkan ember berisi material tanah ke atas, tak disengaja ember tersebut jatuh. Tak pelak, wadah plastik beserta tanah jatuh ke bawah menimpa Mustofa di dasar sumur.

Kejadian tersebut membuat Mustofa cedera. Ia mengalami luka pada punggung hingga kaki. Romli kemudian turun dengan maksud menolong rekannya.

Hanya saja, karena faktor usia dan tenaga habis, ia kelelahan dan tak bisa berbuat banyak untuk membantu Mustofa naik. Alhasil dia hanya bisa berteriak minta tolong ke warga.

“Diduga Pak Romli sudah kelelahan tidak mampu untuk menolong akhirnya teriak minta bantuan tim SAR untuk mengevakuasi keduanya” ungkapnya.

Tim SAR yang datang kemudian mengevakuasi keduanya dengan sejumlah peralatan yang telah disiapkan.

“Metode pertolongan dengan sistem lowering, 1 rescuer turun disertai alat bantu nafas self contained breating apparatus (SCBA) untuk mengikat tubuh korban, selanjutnya ditarik ke atas dengan sistem lifting,” jelas Heru.

“Dua korban berhasil dievakuasi dengan selamat.
Kondisi tubuh Pak Mustofa lemas, butuh penanganan medis,” imbuhnya.

Dua pekerja gali sumur itu selanjutnya dibawa ke
RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang guna mendapat perawatan.

“Terima kasih atas pelaksanaan operasinya. Dengan berhasil dievakuasinya dua korban maka operasi SAR dinyatakan selesai, tim yang terlibat kembali ke satuan masing-masing,” pungkas Heru.(Ags/Ts)